SOLOPOS.COM - Para pekerja sedang mencari sampah di gunungan sampag di TPA Winongo, Kota Madiun, Kamis (21/10/2021). (Madiunpos.com/Abdul Jalil)

Solopos.com, MADIUN — Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Winongo di Kota Madiun sudah penuh bahkan kelebihan kapasitas. Rata-rata 100 ton sampah masuk ke TPA setiap hari.

TPA Winongo memiliki lahan seluas 6,4 hektare. Saat ini TPA sudah penuh. Pantauan Madiunpos.com di lokasi, Kamis (21/10/2021), belasan orang pemungut sampah berada di lokasi tersebut. Selain pemungut sampah, ada pekerja TPA yang mengoperasikan alat berat. Mereka menata sampah yang diangkut truk.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Baca Juga : Viral! Bupati Jember-Istri Nyanyi dan Joget di Pesta Pernikahan

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Madiun, Agus Siswanto, mengatakan produksi sampah di masyarakat rata-rata 100 ton setiap hari. Sampah sejumlah itu masuk ke TPA sehingga membuat TPA over kapasitas.

“Sebenarnya tidak ada perbedaan terlalu signifikan ya. Antara saat masa pandemi atau belum. Ya rata-rata setiap hari 100 ton,” kata dia di TPA Winongo, Kamis.

Meski sudah penuh, kata Agus, TPA Winongo masih bisa menampung sampah. Hal itu karena sudah terjadi proses pengurangan sampah di tempat pembuangan sementara (TPS) yang ada di masing-masing kelurahan. “Pengurangan sampah di TPS. Jadi yang dibuang di sini, TPA, kalau bisa hanya residu saja,” jelasnya.

Baca Juga : Persoalan Uang Bulanan Atlet Kota Madiun Bergulir, Jadi Perdebatan?

Wali Kota Madiun, Maidi, mengatakan harapan agar masyarakat bisa lebih memanfaatkan sampah. Seperti, dibuat batako maupun dimanfaatkan untuk gas metana untuk bahan bakar. “Fasilitas umum seperti untuk hutan akan dikasih sampah yang tidak aktif lagi. Sehingga bisa langsung ditanami tanaman,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya