SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Padang [SPFM], Sekitar 100 jamaah tarekat Naqshabandiyah Mushala Baitul Makmur, Pasar Baru, Kota Padang, Sabtu (30/7) telah menjalankan ibadah puasa Ramadhan 1432 H. Pimpinan jamaah tarekat Naqshabandiyah Mushala Baitul Makmur Syafri Malin Mudo di Padang, Sabtu (30/7) mengatakan, berdasarkan almanak (kalender) metode hisab munjid 1 Ramadhan 1432 H bertepatan dengan 30 Juli 2011. Metode hisab munjid yang berasal dari Mekkah, Arab Saudi digunakan oleh jamaah tarekat Naqshabandiyah dalam menentukan awal bulan Ramadhan. Syafri menambahkan, sejak Jumat (29/7) malam, mereka telah mengerjakan ibadah shalat tarawih sebanyak 23 rakaat. Menurut Syafri, di Kota Padang terdapat beberapa masjid dan mushala yang menjadi pusat ibadah jamaah tarekat Naqshabandiyah, seperti di Kelurahan Cupak Tangah dan Kecamatan Lubuk Kilangan.

Mayoritas pengikut tarekat Naqshabandiyah adalah orang yang sudah berusia lanjut. Di samping memulai puasa Ramadhan lebih awal dibandingkan penetapan dari pemerintah, selama bulan puasa mereka juga melaksanakan aktivitas “suluk”. Yakni mengisi kegiatan sehari-hari selama bulan Ramadhan dengan beribadah seperti berzikir, shalat dan lainnya di dalam masjid dan mushala yang telah ditetapkan. [ant/dev]

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya