SOLOPOS.COM - Para Seniman Solo Beri Penghormatan Jasad Slamet Gindono

Solopos.com, SRAGEN–Jauh dari ingar-bingar ruang budaya di Solo, peringatan 100 hari meninggalnya Slamet Gundono turut diperingati masyarakat Dusun Ngampon, Desa Krikilan, Kecamatan Kalijambe, Sragen, Rabu (23/4/2014) malam. Masyarakat setempat bersama Padepokan Lemah Putih dan Komunitas Tanggul Budaya menggelar acara bertajuk Nglumpukne Balung Pisah.

Slamet Gundono sendiri sebelumnya pernah berinteraksi dengan masyarakat yang tinggal di sekitar Museum Sangiran tersebut dalam acara Srawung Seni Segara Gunung yang digelar untuk memperingati World Heritage Day, 18 April 2013 lalu.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Setahun sejak gelaran akbar tersebut berlalu, masyarakat yang tinggal di salah satu situs sejarah purbakala tersebut kembali menggelar acara serupa tanpa kehadiran sang dalang wayang suket yang berpulang Januari lalu.

Berbagai kegiatan kemudian digelar untuk memperingati hari Cagar Budaya Dunia yang berdekatan dengan 100 hari meninggalnya Slamet Gundono, antara lain pentas musik karawitan, lesung Teater Sangiran, pemutaran film berjudul Cagar karya Teater Ruang, pentas tari Jejer Jaran Dawuk dari grup Mokat ISI Solo.

“Acara ini digelar agar masyarakat di sekitar Sagiran bisa memaknai kehadiran leluhurnya. Slamet Gundono juga sebagai salah satu ‘cagar budaya’ yang pernah dikenal masyarakat di sana,” terang Suprapto Suryodarmo, Pegiat Padepokan Lemah Putih, saat dihubungi Solopos.com, Rabu malam selepas acara.

Budayawan yang akrab disapa Mbah Prapto ini mengungkapkan dalam kegiatan tersebut,  masyarakat utamanya generasi muda, juga dikenalkan dengan konsep berkesenian Slamet Gundono yang kerap mengadakan gerilya budaya ke berbagai pelosok daerah bersama Komunitas Sanggar Tanggul Budaya, Joko Bibit Santoso.

“Banyak seniman kita yang kehilangan nilai setelah meninggal dunia karena kreativitas dan pemikirannya tidak pernah dituturkan kepada generasi muda. Ini wujud penghargaan kreatif kami bagi Slamet Gundono,” pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya