SOLOPOS.COM - Narasumber memberikan keterangan terkait pertunjukan Rhapsody Nusantara saat jumpa wartawan di Diamond Convention Hall, Solo, Rabu (26/10/2022). (Solopos/Bony Eko Wicaksono)

Solopos.com, SOLO — Sekitar 100 pegiat seni dan budaya siap menebar virus semangat perjuangan dan persatuan dalam pertunjukan Rhapsody Nusantara di Diamond Convention Hall, Solo, Jumat (28/10/2022) malam. Mereka bakal menyanyikan lagu-lagu perjuangan untuk menebar virus semangat kebangsaan dan persatuan kepada generasi muda.

Penanggung jawab Rhapsody Nusantara, Riel Tasmaya, mengatakan pertunjukan Rhapsody Nusantara mengusung konsep kolaboratif antara musik, tari, dan puisi. Pertunjukan itu digelar dalam rangka peringatan Hari Sumpah Pemuda.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Semangat persatuan pemuda dan pemudi menjadi tonggak Indonesia merdeka. Kami ingin mengajak generasi muda untuk merajut persatuan dan menebar semangat optimisme menuju Indonesia yang lebih berdaya dan maju,” kata Riel saat jumpa wartawan di Diamond Convention Hall, Solo, Rabu (26/10/2022).

Riel menyebut tema yang diangkat dalam pertunjukan Rhapsody Nusantara di Solo adalah Persatuan dan Emansipasi Wanita. Semangat persatuan dan emansipasi wanita digambarkan lewat performance para musikus dan seniman tari serta orkestra di panggung.

Pertunjukan Rhapsody Nusantara diselenggarakan oleh Pemkot dan Bank Jateng. Event tersebut bakal dimeriahkan sederet musisi seperti Dira Sugandi, David Bayu, Daniel Kristianto, hingga Sruti Respati.

Baca Juga: Teks Doa Hari Sumpah Pemuda 2022, yang Bisa Dibaca saat Upacara

Selain itu, ada penata musik Singgih Sanjaya yang bakal menyuguhkan alunan lagu orkestra. “Pesan yang disampaikan adalah membangkitkan dan menyelaraskan semangat sumpah pemuda kepada generasi muda,” katanya.

Penonton Tak Dipungut Biaya

Lebih jauh, Riel menjelaskan masyarakat tidak akan dipungut biaya alias gratis untuk menonton event Rhapsody Nusantara di Diamond Solo Convention Hall. Namun, masyarakat harus melakukan pemesanan tiket secara online yang dibuka sejak beberapa hari lalu.

“Kurang dari sehari, tiket sudah sold out. Tiket pertunjukan terbatas karena pertunjukan digelar di dalam gedung. Kami juga memasang layar lebar di halaman untuk masyarakat yang tidak bisa masuk ke lokasi,” katanya.

Baca Juga: Kumpulan Ucapan Hari Sumpah Pemuda 2022 yang Penuh Semangat

Direktur Bisnis Dana Jasa dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah Bank Jateng, Irianto Harko Saputro, mengatakan pertunjukan itu bagian dari upaya percepatan pemulihan ekonomi kreatif di Kota Bengawan.

Apalagi Kota Solo merupakan daerah representasi kreativitas anak muda di Jawa Tengah. Dia berharap Rhapsody Nusantara yang digelar di Solo mampu membawa kalangan milenial untuk bersatu membawa semangat sumpah pemuda menuju Indonesia maju.

“Kami ingin memberikan kontribusi terhadap perekoniman di Solo melalui event pertunjukan Rhapsody Nusantara,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya