Tutup Iklan

10 Tips Memanfaatkan Barang Tak Terpakai untuk Sekat Ruang

Membuat sekat ruang perlu memperhatikan berbagai faktor. Salah konsep, pembuatan sekat akan mempengaruhi tampilan di ruangan rumahmu. Biasanya orang-orang membuat sekat menggunakan material mahal sejenis kaca, besi, dan lain-lain.

 Ilustrasi penggunaan sekat ruang (freepik)

SOLOPOS.COM - Ilustrasi penggunaan sekat ruang (freepik)

Solopos.com, SOLO -- Tumpukan barang tak terpakai bisa dimodifikasi menjadi barang lebih berguna. Salah satunya adalah untuk membuat sekat di dalam rumah agar terkesan lebih menyatu dan luas.

Namun, membuat sekat ruang perlu memperhatikan berbagai faktor. Salah konsep, pembuatan sekat akan mempengaruhi tampilan di ruangan rumahmu.
Biasanya orang-orang membuat sekat menggunakan material mahal sejenis kaca, besi, dan lain-lain. Namun, jika dirasa terlalu mahal, kamu bisa memanfaatkan benda di sekitarmu untuk membuat sekat ruang yang indah. Berikut tips dari dekoruma.com, untuk membuat sekat dari tak terpakai yang ada di sekitarmu:

1. Batang Bambu
Batang bambu bisa kamu susun rapi ataupun acak dengan sudut kemiringan serta diameter berbeda untuk menghadirkan bermacam-macam gaya dan suasana ruangan. Sekat dari bambu cocok untuk ruang bergaya interior oriental dan juga natural.

Baca Juga: Kenali Ragam Warna Biru untuk Berbagai Desain Rumah

2. Dahan Pohon
Dahan pohon yang tidak terpakai memenuhi taman rumahmu? Pakai saja untuk membuat sekat. Susunlah dahan yang ramping rapat-rapat pada pot tanaman panjang. Jangan lupa tempatkan sekat di dekat sofa untuk memisahkan ruang satu dengan yang lainnya.

3. Potongan Pipa Paralon
Pipa Paralon yang biasanya digunakan untuk mengalirkan air, ternyata bisa kamu manfaatkan untuk membuat sekat. Untuk sekat ruang yang rapat, kamu bisa menggunakan potongan pipa paralon berdiameter kecil. Untuk sekat ruang terbuka pakailah potongan pipa paralon dengan diameter besar.

Agar lebih modern dan dinamis kombinasikan potongan pipa paralon berbagai ukuran. Selain lebih estetis , membuat sekat dengan pipa paralon juga jauh lebih murah biayanya.

4. Box Kayu
Kamu termasuk orang yang tidak mau ribet? Box kayu bisa menjadi solusimu untuk membuat sekat dengan praktis. Susunlah box kayu menjadi lemari atau kabinet.Catlah jika kayu tidak memiliki warna serasi dengan ruangan. Box kayu ini selain dapat menjadi sekat dan memperindah ruangan juga bisa menjadi sarana menyimpan barang ataupun pajangan misalkan saja miniatur atau pigura foto yang berkesan buatmu.

Hadirkan Suasana Segar Dalam Ruangan

5. Tanaman Gantung
Bagi kamu yang hobi bertanam, cobalah cara ini. Selain menghadirkan suasana segar pada ruangan, cara ini bisa juga membuat sekat ruang rumahmu semakin menarik. Pakailah pipa atau tambang untuk menahan pot panjang tanaman. Kamu bisa memanfaatkan tanaman merambat untuk sekat ruang yang lebih privat.

6. Panel Papan Kayu
Papan kayu ternyata juga bisa disulap menjadi sekat ruangan di rumahmu. Susun panel papan kayu secara zigzag dan sambungkan dengan engsel. Jangan lupa berikan penggantung sehingga kamu bisa memajang hiasan dinding atau foto pada sekat ruang dari panel papan kayu agar ruangan semakin indah.

7. Tirai Dekoratif
Memanfaatkan tirai dan gorden sebagai sekat ruang bisa kamu jadikan alternatif untuk membuat sekat. Tirai dan gorden yang memiliki jenis,motif serta bentuk yang beragam bisa kamu sesuaikan dengan ruanganmu. Sekat ruangan dengan tirai dekoratif bisa membuat ruangan terlihat luas dan indah.

Baca Juga: Rekomendasi Desain Dapur Mungil untuk Kenyamananmu Masak-Memasak

8. Partisi dari Bingkai Jendela Bekas
Hanya butuh kreatifitas, kamu pun bisa menggunakan bingkai jendela bekas yang tidak terpakai untuk membuat sekat. Sekat ruang dari bingkai jendela bekas memberikan kesan terbuka namun tetap memberi batas dari fungsi setiap ruang.

9. Foto berkesan
Suka mengabadikan momen berhargamu dengan berbagai foto? Cetak saja foto berkesan kamu dengan warna senada seperti hitam putih atau sephia dan bingkailah dengan rangka besi,kayu atau bahan lain sesuai selera. Dengan adanya foto-foto yang tersusun rapi akan membuat rumahmu terkesan homey, artistik dan estetis.

10. Rangka Kayu
Rangka kayu pun bisa kamu gunakan untuk membuat sekat. Rangka kayu mampu memberi kesan terbuka dan sederhana. Rangka kayu ini cocok untuk dijadikan sekat di area publik hunianmu.


Berita Terkait

Espos Plus

Cerpen Selendang Bidadari

+ PLUS Cerpen Selendang Bidadari

Siapa tahu keberadaan bidadari itu bukanlah sekadar dongeng seperti pemikirannya selama ini. Mereka sedang mandi saat ini dan Darodin ingin mencuri selendangnya, satu saja.

Berita Terkini

Vaksin Dosis Ketiga Covid-19 Ada yang Berbayar, Berapa Harganya?

Rencananya, penerapan vaksin dosis ketiga Covid-19 berbayar ini mulai Januari 2022.

Ketahui Penyebab Seseorang Bunuh Diri, Salah Satunya Depresi

Jika orang sering merasakan kegagalan berulang dan merasa putus asa, ini juga bisa menjadi penyebab bunuh diri. 

Gunung Semeru Erupsi, Warganet Serukan Pray for Lumajang di Twitter

Warganet menunjukkan kepedulian mereka terhadap warga Lumajang yang sedang mengalami musibah dengan bersama-sama menggunakan tagar pray for Lumajang di jagat Twitter.

Tagar Randy Bagus Hari Sasongko Trending di Twitter

Diketahui, Bripka Randy Bagus ini berdinas di Polres Pasuruan dan telah ditetapkan tersangka.

Waspadai Dampak Debu Vulkanik Seperti Dikeluarkan Gunung Semeru

Akademisi dan Praktisi Klinis, Ari Fahrial Syam mengimbau agar masyarakat mewaspadai dampak dari debu vulkanik seperti dikeluarkan Gunung Semeru.

Lakukan Ini Saat Tersesat di Gunung Seperti Dialami WNA Ukraina

Ada sejumlah hal bisa Anda lakukan saat mengalami tersesat di gunung.

Melihat Keindahan 5 Danau di Gunung Semeru yang Saat Ini Erupsi

Bukan hanya puncaknya yang bernama Mahameru yang menarik perhatian, melainkan sejumlah danau atau ranu di Gunung Semeru juga menyimpan pesona tersendiri.

Kematian Novia Widyasari Jadi Sorotan, Kata Diperkosa Trending Twitter

Kata diperkosa terkait kasus kematian Novia Widyasari trending di Twitter, begitu pula dengan tagar noviawidyasari yang telah menuai 4.805 tweet.

Lakukan Ini Saat Terjadi Letusan Gunung Berapi Seperti Gunung Semeru

Bagi warga yang hidup di sekitar gunung berapi biasanya sudah tahu apa yang harus dilakukan saat terjadi letusan, namun lain halnya dengan wisatawan.

Mengenal Bahaya yang Timbul Akibat Letusan Gunung Berapi Seperti Semeru

Bagi warga yang hidup di sekitar harus pandai-pandai menyesuaikan diri dengan selalu waspada dan siap siaga terhadap bahaya letusan gunung berapi.

Galon Isi Ulang Disebut Mengandung BPA, Benarkah Berbahaya bagi Tubuh?

Di Amerika Serikat dan Uni Eropa, larangan kandungan BPA pada kemasan pangan diterapkan untuk produk bayi dan food contact material.

Ini Tanda-Tanda Tempat Kerja Toxic, Saatnya Keluar dari Pekerjaan

Lingkungan tempat kerja yang beracun atau toxic tentu bikin kita tidak nyaman bekerja dan menguras energi semata.

Intip Berbagai Aturan Karantina di Sejumlah Negara

Berikut berbagai aturan karantina di sejumlah negara yang perlu Anda ketahui.

Doa Mohon Ampun dari Dosa Besar, Lengkap Ada Latin dan Artinya

Berikut ini terdapat doa memohon ampunan dari dosa besar dan kesalahan lainnya menurut ajaran Islam yang dilengkapi latin dan artinya.

Virus Omicron 3 Kali Lebih Berisiko Picu Infeksi Ulang daripada Delta

Para ilmuwan di Afrika Selatan mengatakan varian Omicron setidaknya tiga kali lebih mungkin picu infeksi ulang.

+ PLUS Anjuran Pimpinan MTA Soal Menyantuni Anak Yatim

Siapa tahu sedekah kita untuk anak-anak yatim itulah yang akan menyelamatkan kita dari siksa api neraka dengan rida Allah.