SOLOPOS.COM - Ilustrasi HIV/AIDS (JIBI/Reuters/Dok.)

Harianjogja.com, SLEMAN- Dalam kurun waktu 10 tahun terakhir, kasus HIV-AIDS menyebabkan kematian sebanyak 39 orang di Kabupaten Sleman.

Wakil Bupati Sleman, Yuni Satia menyebutkan, pada 2012 jumlah kasus HIV-AIDS di Sleman tercatat mencapai 93 kasus, yang terdiri dari 39 kasus HIV dan 54 kasus AIDS dan satu penderita meninggal dunia.

Promosi Kanker Bukan (Selalu) Lonceng Kematian

“Angka kasus HIV-AIDS tersebut meningkat dari 2011 yang tercatat sebanyak 37 kasus dan terdiri dari 31 kasus HIV dan enam kasus AIDS dengan satu penderita mengalami kematian,” katanya, katanya pada Penyuluhan Narkoba dan HIV/AIDS untuk Siswa, Rabu (13/11/2013).

Yuni mengatakan, kasus HIV-AIDS dari 2004-2012 telah menyebabkan kematian sebanyak 39 orang.

“Berdasarkan data dari Dinas Kesehatan Kabupaten Sleman sejak 2004-2012, penderita HIV-AIDS pada usia kurang dari satu tahun tercatat satu kasus, usia 1- 4 tahun, tercatat sebanyak tujuh penderita dan pada usia 5 – 14 tahun, tercatat sebanyak delapan penderita,” katanya.

Sementara itu, penderita di usia 15-19 tahun sebanyak lima orang dan penderita terbanyak yakni pada usia 20-29 tahun yang mencapai 183 orang.

“Sedangkan pada usia 30-39 tahun, tercatat sebanyak 133 penderita HIV-AIDS. Di usia 50-59 tahun terdapat 17 kasus dan di usia 60 tahun ke atas kasus tersebut mencapai empat kasus,” katanya.

Ia berharap kepada semua pendidik dan siswa untuk memberikan dukungan moril kepada siswa yang terkena Narkoba dan Aids, untuk melepaskan diri dari ketergantungan Narkoba dan perawatan Aids.

“Para pendidik diharapkan memberikan pendampingan pada siswa tersebut terhadap perlakuan sosial yang tidak sesuai selama di sekolah,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya