SOLOPOS.COM - Model yang menampilkan baju besutan Pisalin yang merupakan merek produk fashion milik PT Aksara Solopos mengikuti kegiatan Walk Around Fashion Runway yang digelar oleh Sleman City Hall (SCH) pada Sabtu (22/8) malam. (Harian Jogja/Hafit Yudi Suprobo)

Solopos.com, SOLO — Melewati satu dekade ditetapkan sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi (Masterpieces of the Oral and the Intangible Heritage of Humanity), batik Nusantara terus berkembang mengikuti zaman. Dalam 10 tahun menjadi warisan dunia, batik kita berkembang dinamis.

Menjadi bagian penting dari fashion statement berbagai kalangan. Pergerakan batik yang merupakan warisan dunia melintasi batas waktu maupun usia. Tua muda senang memakainya sesuai kebutuhan dan konsep garapan.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Kedinamisan batik juga bisa dilihat dari pola motifnya yang tetap apik dikolaborasikan dengan wastra lain. Padupadan jahitan batik-lurik, batik-songket, ataupun batik dengan kain polos seolah jadi hal biasa. Gabungan berbagai material tersebut semakin hidup dengan potongan kekinian seperti atasan asimetris ataupun tanpa lengan.

Perhatikan! Ini 6 Langkah Jitu Rawat Ban Mobil

Sejumlah jenama alias jenis atau merek batik ternama pun merespon kondisi tersebut. Pisalin yang merupakan bagian dari lini usaha PT Aksara Solopos salah satunya.

Bertepatan dengan momen Hari Batik Nasional, Jumat (2/10/2020), Pisalin merilis koleksi anyaran para perempuan yang ingin tampil segar dengan tetap menggunakan batik sebagai fashion statement-nya. Tak ada nama khusus untuk rancangan ini. Yang pasti tim kreatif Pisalin ingin mempersembahkan karya terbaik bagi fashionista aktif nan ceria.

Ada delapan koleksi yang telah dirilis bersamaan. Di antaranya tiga atasan berupa blus asimetris, blus longgar, dan kaus crop top yang bisa dikenakan dengan bawahan jeans atau lain. Sebanyak empat sackdress dilengkapi luaran pendek, dan satu outer panjang. Semuanya dirancang khusus dengan potongan santai sehingga bisa dikenakan dalam suasana apapun. Tinggal memilih alas kaki sneakers putih untuk melengkapi.

Album Baru BTS Be (Deluxe Edition) Rilis 20 November

Koleksi anyaran Pisalin kali ini seolah menjadi representasi perjalanan batik di masa sekarang. Bahwa pelestarian wastra Nusantara tak hanya bisa dilakukan dengan menyimpan karya tanpa mau menyentuh. Namun digarap ulang dengan model kekinian agar dipakai massal oleh generasi muda.

Misi Besar

Manajer Pemasaran Toko Solopos, Nina Andriani, Senin (29/9/2020), mengatakan misi besar mereka menghidupkan semangat mengenakan batik di zaman sekarang. Nina dan tim menggarapnya dalam warna-warna cerah, yakni biru tosca digabungkan dengan kuning.

Harapannya semakin menambah kesan santai dan segar bagi si pemakai. Bukan hanya untuk anak muda, koleksi Pisalin edisi khusus ini bahkan bisa dikenakan perempuan pekerja yang ingin tampil beda ketika masuk kantor.

4 Tempat di Tata Surya Ini Paling Mungkin Dihuni Alien

“Desain busana kami bisa dikenakan semuanya. Anak muda atau perempuan pekerja kantoran yang ingin mengenakan batik tapi enggak terlihat formal banget. Jadi ya bebas siapa saja bisa memakai. Yang pasti look-nya akan terlihat segar,” terangnya.

Agar tak telihat kaku, tangan dingin Nina dan Tim menyampurkan material kain batik katun cap dengan potongan lurik dan shibori rayon. Mix and match material tersebut semakin menguatkan karakter Pisalin yang fleksibel dan bisa dipadukan dengan semua jenis pakaian.

Sementara itu, bahan rayon menyimbolkan busana batik yang merupakan warisan dunia itu bisa membawa kesan santai nan nyaman. “Bahan rayon ini sebagai simbol kalau ini busana santai dengan bahan nyaman yang adem sesuai kondisi,” terangnya.

KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Solopos

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya