SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

SOLO — Sebanyak 10 relawan dari Palang Merah Indonesia (PMI) Solo dikerahkan guna memperbaiki talut ambrol di RT001/RW 005, Cinderejo Lor, Gilingan, Banjarsari, Sabtu (15/12/2012). Perbaikan tersebut dilakukan PMI setelah mendapat laporan warga terkait ambrolnya talut di tempat tersebut.

Pejabat Humas PMI Solo, Riki Mirzam, menyampaikan guna perbaikan tersebut pihaknya mempersiapkan bahan baku berupa 25 kantong semen serta 15 colt bermuatan pasir. “Beberapa waktu lalu kami mendapat laporan dari warga, kemudian kami bergerak hari ini. Ada 10 orang dari PMI,” ungkapnya.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Dijelaskan Riki, jika kondisi ambrolnya talut di wilayah tersebut tak segera ditindaklanjuti, bisa jadi kerusakan semakin parah. “Rawan atau tidak kalau ini tidak segera ditangani setiap tahunnya kerusakan semakin parah,” ujarnya.

Terkait lama perbaikan, Riki menerangkan hal itu tergantung dengan kondisi cuaca.

Sebelumnya, lantaran talut ambrol sepanjang 2,5 meter dengan ketinggian sekitar 1,8 meter karena hujan deras tersebut Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Asy Syifa terpaksa diliburkan selama beberapa hari. Pasalnya pengurus PAUD khawatir ambrolnya talut semakin lebar dan merusak PAUD tersebut.

Pembina PAUD Asy Syifa, Moh Suwono HS, menjelaskan kondisi talut sudah membahayakan sejak lama karena saluran air tidak lancar. Menanggapi perbaikan tersebut, Suwono menyambut baik.

Diterangkan Suwono, pihaknya memang melaporkan ambrolnya talut tersebut ke PMI. “Ya seperti yang sudah kami sampaikan, saluran air utama yang menuju ke Kali Anyar tidak berfungsi semestinya. Justru air rembes ke dinding talut. Kondisi seperti ini kalau tidak segera diperbaiki maka bisa jadi tanah ambles,” paparnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya