SOLOPOS.COM - Dewan juri Diplomat Success Challenge Ke-10 (DSC|X) Tahun 2019. (Antara-Istimewa)

Solopos.com, SEMARANG — Wismilak Foundation untuk kali ke-10 kembali menggelar Diplomat Success Challenge. Dewan juri Diplomat Success Challenge Ke-10 (DSC|X) Tahun 2019 itu telah memilih masing-masing 10 peserta yang lolos seleksi regional di Semarang.

Sebagaimana dipublikasikan Kantor Berita Antara, Kamis (3/10/2019), seleksi regional di Semarang dilangsungkan 21 September 2019 lalu. Ke-10 peserta yang lolos itu adalah E-Paving, Indofishery, Nyayur.id, Lindungi Hutan, Saparo, Agrozone, Willsound, Iwoodys.com, Psikologi Nusantara, dan Mie Tek Tek Instant.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Menurut Yoga Muda Aditya selaku juri DSC|X untuk Regional Selection Semarang, acara DSC|X sangat menarik dan banyak peserta yang sudah berpengalaman. Namun, diakuinya pula banyak pendatang baru yang memiliki ide-ide baru yang tak kalah menarik.

Dari 10 peserta yang lolos seleksi regional di Semarang, katanya, yang menarik adalah E-Paving atau Environment Paving karena memiliki ide untuk menggunakan bahan limbah plastik yang dicetak dengan menggunakan mesin hidrolik sehingga menghasilkan paving blok.

Selain Yoga, beberapa tokoh juga bergabung dalam dewan juri DSC|X untuk Regional Selection Semarang, yaitu Krida Pandu (CTO Crocodic), Masas Dani (Founder MTARGET), dan Muhamy Akbar (Founder Dijimedia).

Sebelumnya, DSC|X juga telah merampungkan seleksi regional di Jakarta pada 26 September 2019, Surabaya pada 14 September 2019, dan Jogja pada 17 September 2019. Dewan juri telah memilih masing-masing 10 peserta yang lolos seleksi tersebut. Selanjtnya, 1 Oktober 2019, DSC|X menggelar seleksi regional di Bandung.

Sebanyak 100 proposal start up Diplomat Success Challenge terbaik akan diuji di babak National Selection di Jakarta dan Surabaya pada awal hingga pertengahan Oktober 2019. Sebanyak 20 finalis yang dihasilkan dari babak tersebut berhak maju dan mempersiapkan dirinya di ajang Incubation Session.

Incubation Session adalah fase pembekalan pengetahuan dan pendalaman kepada peserta yang lolos National Selection. Sesuai rencana, Incubation Session akan berlangsung di Jakarta pada akhir Oktober 2019, sebelum tampil di Final Day yang akan digelar di De Tjolomadoe, Karanganyar, Jawa Tengah, pada 16-17 November 2019.

Diplomat Success Challenge yang digagas Wismilak Foundation berhasil meraih antusiasme tinggi para wirausahawan muda nasional. Sejak dibuka pendaftarannya secara online pada 15 Mei hingga batas waktu penyerahan proposal pada 17 Agustus 2019, Dewan Komite DSC|X menerima 12.500 proposal bisnis rintisan (start up)dengan dominasi kaum milenial dalam kompetisi kewirausahaan itu begitu kuat, karena sekitar 80 peserta peserta berasal dari rentang umur 20 tahun-35 tahun.

Sementara itu, daerah asal peserta Diplomat Success Challenge masih didominasi oleh Pulau Jawa dan Sumatra dengan porsi mencapai 90 peserta. Dari seluruh proposal start up yang masuk tersebut kemudian dikelompokkan ke dalam tujuh kategori bisnis, yaitu agrobisnis, food & beverage, kriya & fashion, start up digital, teknologi terapan, services, dan kategori lain-lain.

Ajang DSC|X yang penyelenggaraannya digagas Wismilak Foundation berkolaborasi dengan Coworking Indonesia sebagai strategic partner. Agenda Diplomat Success Challenge ini memberikan edukasi, bimbingan dan pendampingan, serta kesempatan untuk berjejaring dan berkolaborasi dengan sesama penggagas start up, termasuk di Kota Semarang.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya