SOLOPOS.COM - Seorang penumpang menjalani tes GeNose C19 di Terminal Tipe A Ir Soekarno Klaten, pertengahan pekan ini. Tes GeNose C19 di terminal setempat telah dimulai, Senin (12/4/2021).

Solopos.com, KLATEN – Sebanyak 10 penumpang bus dari luar daerah dites GeNose C19 secara acak di Terminal Tipe A Ir Soekarno Klaten setiap harinya. Hal itu menjadi upaya pengelola terminal untuk mencegah persebaran Covid-19 di terminal setempat.

Kepala Terminal Tipe A Ir Soekarno Klaten, Marjono, mengatakan pemberlakuan tes GeNose C19 di terminal setempat telah dimulai, Senin (12/4/2021). Satu unit peralatan GeNose yang dimiliki Terminal Tipe A Ir Soekarno Klaten merupakan bantuan dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub) di waktu sebelumnya.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

"Sekarang ini, kami sudah menggunakan GeNose C19. Setiap harinya, ada 10 orang yang dites GeNose C19. Penumpang yang dites dari luar kota dan yang akan keluar kota. Di antaranya dari Jabodetabek," kata Marjono, kepada Solopos.com, Sabtu (24/4/2021).

Baca juga: 7 Tahun Sabar, Desa di Lereng Merapi Klaten Ini Sekarang Bebas Kekeringan

Marjono mengatakan pengecekan dengan GeNose C19 ditujukan mendeteksi para penumpang apakah terpapar virus corona atau tidak. Hingga sekarang, belum pernah ditemukan penumpang bus dari luar kota yang terindikasi positif Covid-19.

"Pengecekan secara acak ini gratis. Penumpang tak dipungut biaya sama sekali. Sampai saat ini, alhamdulilah hasilnya negatif Covid-19 semua," katanya.

Disinggung tentang jumlah penumpang dari luar kota yang turun di Terminal Tipe A Ir Soekarno setiap harinya selama bulan puasa, Marjono, mengatakan jumlah penumpang masih relatif stabil. Berdasarkan catatan yang dimilikinya, jumlah penumpang yang turun di Terminal Tipe A Ir Soekarno saat sekarang mencapai 25 orang per hari.

"Paling banyak itu tak sampai di atas 70 orang per hari. Kami terus mengimbau ke seluruh penumpang agar menaati protokol kesehatan di tengah pandemi Covid-19," katanya.

Baca juga: Calon Istri Ustaz Abdul Somad: Gadis Jombang 19 Tahun

Kapolres Klaten, AKBP Edy Suranta Sitepu, mengatakan pengelola Terminal Tipe A Ir Soekarno Klaten sudah menyiapkan berbagai sarana dan prasarana untuk mendukung pelaksanan protokol kesehatan.

"Kami sudah meresmikan terminal siaga candi di Terminal Tipe A Ir Soekarno Klaten. Semua penumpang yang masuk ke terminal, harus dicek betul. Di cek suhu tubuh, mengisi form, dan lainnya. Begitu juga penumpang yang keluar," katanya.

Sebelumnya, pemeriksaan tes GeNose C19 juga diterapkan di Stasiun Klaten. Dalam sehari, jumlah penumpang yang dites GeNose C19 di stasiun mencapai 100 orang-150 orang.

"Pelayanan GeNose C19 sudah dimulai, 30 Maret 2021," kata Kepala Stasiun Klaten, Sutopo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya