SOLOPOS.COM - Foto ilustrasi. (JIBI/Harian Jogja/Reuters)

Harianjogja.com, JAKARTA-Setiap orang ingin banyak makan tapi tidak sampai gemuk dan tetap sehat. Mungkin yang harus mereka cari adalah apa yang disebut sebagai ‘makanan sempurna’, makanan yang menyehatkan, enak, porsinya besar dan mengenyangkan. Adakah makanan seperti itu?

“Makanan yang mengenyangkan atau bisa menyebabkan orang yang memakannya tahan kenyang memang benar-benar ada,” tegas Dr. David Katz, pendiri Yale University Prevention Research Center.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Lalu makanan yang seperti apa yang bisa memberikan kepuasan ekstra? “Serat dan protein dapat membantu. Atau cari makanan dengan kepadatan energi rendah namun kalorinya kecil karena dengan begini Anda bisa makan banyak tapi berat badan tidak bertambah,” ungkap Barbara Rolls, penulis buku The Ultimate Volumetrics Diet.

Ini dia 10 jenis makanan yang bisa memberikan kekenyangan ekstra tapi tidak menimbulkan penambahan berat badan atau bahkan mendorong penurunan berat badan, seperti halnya dilansir Foxnews, Kamis (5/12).

Ekspedisi Mudik 2024

1. Kentang panggang
Dalam sebuah studi yang mengukur indeks kepuasan (satiaty) dari 38 jenis makanan ketika dikonsumsi, termasuk beras merah dan roti gandum, kentang berada di posisi pertama. Artinya mereka yang mengonsumsi kentang mengaku lebih kenyang dan baru makan lagi dua jam setelah makan kentang.

Anggapan selama ini bahwa kentang adalah makanan yang kaya karbohidrat, tampaknya tak terbukti. Justru bagaimanapun pengolahannya, baik dipanggang ataupun direbus, kentang tetap kaya akan vitamin, serat dan nutrisi lainnya.

Kentang akan lebih terasa mengenyangkan jika dikonsumsi beserta kulitnya, tak peduli diolah seperti apa. Serat yang dikandungnya hanyalah 160 kalori per buah.

2. Telur
Sebuah studi dari Saint Louis University menemukan orang yang sarapan telur mengonsumsi 330 kalori lebih sedikit ketimbang mereka yang makan roti bagel. “Telur merupakan salah satu dari sedikit makanan yang sarat protein. Artinya mereka mengandung 9 asam amino esensial yang tak bisa dihasilkan sendiri oleh tubuh. Dan sekali dicerna, ke-9 asam amino tersebut dapat memicu pelepasan hormon-hormon dalam usus yang menekan rasa lapar,” ungkap Joy Dubost, jubir Academy of Nutrition and Dietetics.

Telur akan lebih mengenyangkan jika dikonsumsi berikut kuning telurnya. Pasalnya hampir separuh protein pada telur berada di bagian tersebut. Tambahkan juga sayuran untuk meningkatkan volume dan kandungan seratnya dengan sedikit tambahan kalori.

3. Sup kacang merah
“Sup mengandung banyak air, artinya ini akan memenuhi perut Anda tapi kalorinya sangat sedikit,” kata Rolls.

Apalagi sup kacang merah yang ditambah kaldu karena mengandung banyak serat dan karbohidrat baik yang memperlambat pelepasan gula dalam darah sehingga rasa kenyangnya jadi tahan lama.

“Sekali berada dalam perut, serat dan air itu mengaktivasi reseptor-reseptor yang memberikan sinyal bahwa Anda tidak merasakan lapar lagi. Dan per mangkuknya hanya mengandung 150 kalori,” terang Rolls.

Jika tak suka sup, Anda bisa menambahkan kacang-kacangan ke dalam salad yang berbahan cuka.

4. Greek yogurt
Setelah mengamati pola makan 120.000 orang selama 20 tahun, tim peneliti Harvard menemukan yogurt adalah satu-satunya makanan terbaik untuk menurunkan berat badan.

Sementara itu, review yang dilakukan Nestle Nutrition Institute juga mengungkapkan konsumsi protein dari produk susu dapat meningkatkan rasa kenyang, mengurangi asupan makanan dan menjaga gula darah tetap stabil.

“Greek yogurt mengandung protein dua kali lebih banyak dan gula lebih sedikit daripada yogurt biasa,” tutur Dubost.

Agar lebih mengenyangkan, berilah topping pada yogurt dengan makanan berserat seperti raspberi (4 gram serat untuk tiap setengah cangkir) atau sereal (9 gram per tigaperempat cangkir).

5. Apel
Apel hanyalah satu dari sedikit buah-buahan yang mengandung pektin yang secara alami dapat memperlambat proses pencernaan dan meningkatkan rasa kenyang. Faktanya orang yang makan sebutir apel setiap harinya dipastikan merasa lebih kenyang dan mengonsumsi lebih sedikit makanan dibanding mereka yang mengonsumsi jus apel atau saus apel.

“Sebutir apel butuh waktu lama untuk dimakan tapi kalorinya sangat kecil. Bahkan karena tubuh punya waktu lebih lama untuk mengatakan kepada otak bahwa Anda tak lagi kelaparan, setiap orang bisa makan banyak apel sembari tetap menurunkan berat badan,” terang Susan Roberts, profesor ilmu gizi dari Tufts University.

Agar lebih mengenyangkan tambahkan potongan apel pada oatmeal atau salad, atau selipkan pada roti isi Anda.

6. Popcorn
Makanan kegemaran para pecinta film ini memiliki kepadatan energi yang rendah karena hanya mengandung 90 kalori. “Popcorn mengambil banyak ruang di dalam perut Anda, dan melihatnya dalam porsi besar bisa membuat Anda berpikir telah banyak makan kalori sehingga Anda merasa kenyang setelah memakannya,” terang Rolls.

Popcorn terasa lebih mengenyangkan jika ditaburi cabe merah. Sebuah studi terbaru dari Purdue University terungkap bahwa orang-orang yang menambahkan setengah sendok teh rempah-rempah ke dalam makanannya akan cenderung merasa tak begitu lapar.

7. Buah ara
Buah ini mempunyai kepadatan dan serat yang tinggi (setiap 37 kalori buah ara mengandung satu gram serat), sehingga dapat memperlambat pelepasan gula ke dalam darah serta mencegah peningkatan gula darah akibat makan kue.

Buah ara akan terasa lebih mengenyangkan apabila ditambahkan protein seperti satu sendok teh keju dan kacang kenari.



8. Oatmeal
Makanan ini jelas mengenyangkan karena mengandung serat begitu tinggi dan kemampuannya untuk menyerap cairan layaknya sebuah spons. Ketika dikombinasikan dengan air atau susu skim, oat butuh waktu lebih lama untuk melewati sistem pencernaan sehingga Anda takkan merasa lapar lagi.

Menaburkan almond di atas semangkuk oatmeal menambah tingkat kekenyangan makanan ini. “Kacang-kacangan ini sarat akan protein dan serat serta mengandung lemak tak jenuh yang nantinya akan membantu menstabilkan kadar insulin dan gula darah,” tegas Katz.

9. Wheat berry
Bagaimana tidak mengenyangkan, jumlah protein dan serat per porsi wheat berry adalah yang tertinggi dari makanan berbahan gandum lainnya, yaitu 6 gram protein dan 6 gram serat. “Protein itu memicu produksi hormon ghrelin yang berfungsi mengabarkan kepada otak bahwa Anda merasa kenyang, dan serat mengaktifkan hormon penekan selera makan di dalam usus,” terang Roberts.

Wheat berry akan lebih mengenyangkan jika dikombinasikan dengan apel atau kacang-kacangan.

10. Smoothies
Kendati jarang ada minuman yang dapat memuaskan rasa lapar, nyatanya smoothies berbeda dari jenis minuman lainnya karena ini dapat membuat orang merasa kenyang sekaligus mengurangi porsi makan mereka berikutnya. Hal ini dikemukakan sebuah studi dari Penn State University.

Pastikan saja smoothies Anda tidak mengandung banyak gula atau komposisi yang berkalori seperti halnya jus buah atau sirus beraroma karena akan mengurangi manfaat kesehatannya.

Agar lebih terasa mengenyangkan, buatlah smoothies dari buah seperti stroberi yang kepadatan energinya sangat rendah dan mengandung 92 persen air atau pisang yang sarat akan pati resisten penahan lapar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya