SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Tokyo dan New York terlempar dari daftar 10 kota termahal di dunia. Sedangkan Singapura mempertahankan status kota termahal dunia.

Solopos.com, SOLO — Singapura pada 2018 mempertahankan status sebagai kota termahal di dunia dalam lima tahun berturut-turut. Selain Singapura, tiga kota di Asia lainnya yaitu Seoul, Hong Kong, dan Tel Aviv juga berada dalam daftar 10 besar kota termahal di dunia.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Hal itu muncul dalam laporan Worldwide Cost of Living 2018 yang mencakup 133 negara dan dirilis The Economist Intelligence Unit. Berdasarkan laporan yang dikutip Solopos.com, Kamis (15/3/2018) itu, Seoul, ibu kota Korea Selatan, juga menjadi kota lainnya yang mempertahankan posisinya di 10 besar. Sementara itu, dua kota besar di Jepang yang masuk 10 besar pada tahun sebelumnya kini terlempar karena rendahnya inflasi.

Sebelumnya, Tokyo sempat menjadi kota termahal di dunia pada 2013 lalu, namun kini turun tujuh peringkat dalam 12 bulan terakhir. Sebaliknya, Seoul yang berada di urutan 21 lima tahun lalu, kini berada di posisi 6. Begitu pula Tel Aviv yang lima tahun lalu berada di urutan 34 kota termahal di dunia, kini berada di rangking 9.

Kenaikan nilai tukar mata uang dan kenaikan harga membuat Tel Aviv masuk jajaran kota termahal. Kenaikan biaya hidup itu khususnya asuransi dan perawatan mobil 79% yang lebih mahal daripada di New York. Selain itu, harga minuman beralkohol di Tel Aviv merupakan nomor dua termahal di dunia.

Di Eropa barat, sejumlah kota besar kembali masuk dalam daftar termahal. Zurich, Swiss, dan Paris, Prancis, bersama-sama di urutan kedua di bawah Singapura. Berikutnya ada Oslo (5), Jenewa (6), dan Kopenhagen (8) di daftar 10 besar. Paris juga menjadi satu dari sedikit kota di Eropa yang konsisten di urutan atas kota termahal sejak 2003.

Sementara itu, tak ada satu pun kota di Amerika yang masuk 10 besar. New York turun empat peringkat ke posisi 13 tahun ini. Hal ini seiring pelemahan dolar AS selama 2017.

Yang menarik, meski menjadi kota termahal, Singapura masih lebih murah dalam hal kebutuhan sehari-hari seperti barang rumah tangga yang jauh lebih murah daripada kota-kota termahal dunia lainnya. Biaya mahal di Singapura muncul dari harga mobil dan operasionalnya, serta harga pakaian nomor tiga termahal di dunia.

Negara Kota Index (New York=100) Rank Perubahan Rangking
Singapore Singapore 116 1 0
Prancis Paris 112 2 5
Swiss Zurich 112 2 1
Hong Kong Hong Kong 111 4 -2
Norwegia Oslo 107 5 6
Swiss Jenewa 106 6 1
Korea Selatan Seoul 106 6 0
Denmark Kopenhagen 105 8 1
Israel Tel Aviv 103 9 2
Australia Sydney 102 10 4

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya