Tutup Iklan

10 Jabatan Tinggi Pemkot Solo Dilelang, Pejabat Luar Daerah Boleh Ikut

Sepuluh jabatan eselon II Pemkot Solo dilelang dan bisa diikuti pejabat eselon III seluruh daerah di Provinsi Jawa Tengah.

 Ilustrasi uji kompetensi dalam rangka lelang jabatan. (JIBI/Solopos/Antara/Zabur Karuru)

SOLOPOS.COM - Ilustrasi uji kompetensi dalam rangka lelang jabatan. (JIBI/Solopos/Antara/Zabur Karuru)

Solopos.com, SOLO — Pemerintah Kota (Pemkot) Solo melelang 10 jabatan eselon II yang terdiri atas sembilan jabatan kepala organisasi perangkat daerah (OPD) dan seorang staf ahli. Kesepuluh jabatan itu kosong sejak akhir tahun lalu.

Pendaftaran seleksi terbuka dan kompetitif itu dibuka mulai Selasa (27/10/2021) dan ditutup pada Selasa (2/11/2021). Ke-10 kursi jabatan tinggi itu meliputi Staf Ahli Bidang Keuangan dan Pembangunan, Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD).

Kemudian Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappeda), Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM), Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol). Lalu Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP), Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR).

Baca Juga: SGS 2021 Tinggal 4 Hari Lagi, Buruan Tukar Poin Sebelum Ditutup!

Jabatan Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah dan Perindustrian (Diskop UKM dan Perin) dan Kepala Dinas Tenaga Kerja (Disnaker), serta Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Pemkot Solo juga ikut dilelang.

Plt Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKPPD) Kota Solo, Hari Prihatno, mengatakan seleksi ditarget rampung pada akhir November sehingga pejabat terpilih bisa dilantik pada awal Desember 2021.

“Teknisnya, pendaftaran mulai, lalu seleksi administrasi dan verifikasi, asesmen, uji gagasan, baru pengumuman tiga besar, wawancara, kemudian tes kesehatan,” katanya kepada wartawan, Selasa siang.

Baca Juga: Peresmian Kantor Baru PAC PDIP Banjarsari Solo akan Dihadiri Megawati

Terbuka untuk Pelamar Seluruh Jawa Tengah

Pansel Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Pratama tersebut terdiri lima orang yang diketuai akademisi dari STIE AUB, Anwar Hamdani. Anggotanya  meliputi akademisi asal Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo Tuhana, unsur perwakilan masyarakat Budi Yulistianto, Sekretaris Daerah (Sekda) Solo Ahyani dari unsur pemerintah, serta Lilik Joko Saptyanto dari Inspektorat.

Ketua Pansel JPT, Anwar Hamdani, menjelaskan 10 jabatan Pemkot Solo yang dilelang itu terbuka untuk seluruh pejabat eselon III dari semua daerah di Provinsi Jawa Tengah. Syaratnya peserta seleksi harus mendapatkan izin dari kepala daerah setempat.

“Ini adalah seleksi promosi, mereka harus mengirim lamaran dulu, kemudian seleksi administrasi. Mereka yang lolos akan mengikuti uji kompetensi, bentuknya tertulis, wawancara, dan diskusi. Setelah lolos tahapan itu, mereka menyampaikan gagasan sesuai jabatan yang dilamar,” terangnya secara terpisah.

Baca Juga: Mahasiswa UNS Solo Beri Ultimatum: Bubarkan Menwa!

Setelah uji gagasan di hadapan Pansel JPT, seleksi berikutnya adalah tes kesehatan. Dari uji gagasan diambil tiga peserta terbaik untuk diusulkan kepada wali kota. Selanjutnya wali kota berhak menentukan nama yang menduduki jabatan-jabatan tersebut.

“Lelang jabatan sekretaris daerah beberapa waktu lalu cukup banyak peminat dari luar daerah. Nah, kami memprediksi lelang kali ini juga banyak diikuti pejabat dari luar daerah,” kata Anwar.


Berita Terkait

Espos Premium

Berita Terkini

Sragen Waspadai Varian Omicron, Ini Antisipasinya

Sragen masuk wilayah algomerasi Soloraya sehingga semua daerah di Soloraya harus bareng-bareng dalam menentukan status PPKM dan yang menjadi dasar daerah terendah.

Yamaha Gear 125, Si Jago Tanjakan yang Irit BBM

Yamaha Gear 125 menaklukkan tanjakan dan kelokan di Selo, Boyolali, hingga Ketep Pass, Magelang, dalam city tour bersama vlogger, blogger, dan para jurnalis yang digelar Yamaha Putra Utama Motor Boyolali.

Waduh! Banyak Anjing di Soloraya Ditelantarkan dan Dibuang, ke Mana Ya?

Sahabat Anjing Surakarta (SAS) menemukan banyak anjing peliharaan di wilayah Soloraya yang dibuang dan ditelantarkan karena berbagai sebab.

Anak Gugat Ibu di Boyolali, Sertifikat Tanah Sengketa Dipastikan Sah

BPN Boyolali memastikan sertifikat tanah yang menjadi objek sengketa dalam kasus anak menggugat orang ibu kandung di Dukuh Klinggen, Desa Guwokajen, Kecamatan Sawit, sah.

Bangunan Pasar Legi Selesai 100%, Pedagang Siap Boyongan?

Pembangunan Pasar Legi Solo sudah selesai 100%. Bangunan pasar rencananya diserahkan kepada Pemerintah Kota (Pemkot) Solo pada akhir November 2021.

Lomba Menembak Internasional Meriahkan HUT ke-76 Brimob di Boyolali

Lomba menembak bertaraf internasional memperingati HUT ke-76 Brimob di Mako Brimob Boyolali di Gunung Kendil, Kecamatan Mojosongo, tak bisa dihadiri atlet luar negeri.

Rendengan, Atraksi Wisata Inisiatif Pokdarwis Pilangsari Sragen

Para pemuda yang tergabung dalam Pokdarwis Siwur Emas Desa Pilangsari, Gesi, Sragen, membuat event wisata dengan nama Rendengan di hutan jati seluas hampir 1 hektare.

1.200 Santri Ikuti Ujian Munaqosah Wisuda Akbar Klaten Menghafal #5

Ketua Panitia Ujian Munaqosah Klaten Menghafal, Dhohir Subagyo, menjelaskan kegiatan itu dimaksudkan untuk membumikan Al-Qur’an.

Minyak Goreng Curah Disetop pada 2022, Pemkab Sukoharjo Tunggu Regulasi

emerintah Kabupaten (Pemkab) Sukoharjo sudah mendapatkan informasi penyetopan peredaran minyak goreng curah pada 2022 dari pemerintah pusat.

Wuihhh, Warga Sragen Barter Mobil dengan 1 Pot Monstera Marmorata

Seorang pencinta tanaman hias asal Wonotolo, Gondang, Sragen, Eko Duta Flora, berani melakukan barter mobil Daihatsu Grand Max.

Longsor Landa Sejumlah Lokasi di Karanganyar, Ini Sebaran Titiknya!

Bencana tanah longsor kembali terjadi di Bumi Intanpari. Kali ini longsor terjadi di beberapa titik di wilayah Kecamatan Karangpandan dan Kecamatan Matesih, Sabtu (27/11/201) malam.

Ahli Waris Lahan Terdampak Tol Solo-Jogja Bikin Surat Kesepakatan

Pemerintah Desa Demakijo, Karangnongko, Klaten, berinisiatif membuat  dokumen surat kesepakatan bersama (SKB) ahli waris terdampak tol solo-jogja.

Antisipasi Bencana, Polisi di Sukoharjo Pangkas Pohon di Tepi Jalan

Polres Sukoharjo mengantisipasi terjadinya bencana hidrometeorologi dengan membantu memangkas dahan pohon dan membersihkan lingkungan sekitar Waduk Mulur.

Kali Mubeng Meluap Lagi, Rumah Warga Tasikmadu Karanganyar Tergenang

Beberapa rumah tergenang luapan Kali Mubeng di kawasan timur Pabrik Gula Tasikmadu, Desa Ngijo, Kecamatan Tasikmadu, Karanganyar, Sabtu (27/11/2021) sore.

Pembangunan Fly Over Palang Krapyak Klaten Baru Tahap Awal Perencanaan

Tim dari pemerintah pusat sudah mendatangi kawasan Palang Krapyak terkait rencana pembangunan fly over.