Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Wonogiri dibantu masyarakat dan petugas Pemadam Kebakaran memadamkan api di hutan Dusun Ngawen, RT 001/RW 001, Desa Sendangijo, Selogiri, Senin (16/9/2019). (Istimewa/BPBD Wonogiri)

Solopos.com, WONOGIRI -- Api membakar hutan seluas hampir 10 hektare di Dusun Ngawen, RT 001/RW 001, Desa Sendangijo, Selogiri, Wonogiri, Senin (16/9/2019) siang. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu.

Kebakaran itu terjadi sekitar pukul 13.00 WIB. Tim Reaksi Cepat (TRC) Badan Penanggungan Bencana Daerah (BPBD) Wonogiri bersama warga sekitar memadamkan api dibantu petugas Pemadam Kebakaran. Api berhasil dipadamkan sekitar pukul 16.30 WIB.

“Kejadian ini tidak menimbulkan korban jiwa maupun luka. Sedangkan lahan hutan yang terbakar diperkirakan seluas hampir 10 ha dengan tanaman tegakan berupa pohon jati, akasia, dan mahoni,” kata Kepala Pelaksana Harian BPBD Wonogiri, Bambang Haryanto, kepada Solopos.com, Senin malam.

Bambang meminta masyarakat sekitar hutan tidak membakar sampah dan sejenisnya di dekat hutan. Ia juga mengajak masyarakat senantiasa menjaga kelestarian hutan agar memberikan manfaat bagi warga sekitar.

“Pemberian pemahaman ini penting agar kasus serupa tidak terulang lagi di sana dan hutan-hutan lainnya,” terang Bambang.

 


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten