SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

BANTUL—Sebanyak 10 dusun di Kabupaten Bantul akan menggelar pemilihan kepala dusun (Pilkadus) hingga akhir tahun ini. Peserta Pilkadus diminta tak melakukan politik uang saat pemilihan.

Bagian Pemerintahan Desa mencatat, sepanjang tahun ini sebanyak 27 dusun dan satu desa melaksanakan pemilihan kepala dusun atau desa. Hingga Agustus ini, sebanyak 17 dusun dan satu desa telah menggelar pemilihan. Masih ada 10 dusun lagi yang bakal melaksanakan Pilkadus hingga akhir tahun nanti.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Staf Bidang Perangkat Desa Afif Umahatun, Kamis (11/8) mengatakan, 10 dusun yang melaksanakan Pilkadus terdapat di delapan desa. Jumlah itu diperkirakan bertambah lantaran pelaksanaan Pilkadus biasanya digelar lebih cepat sebelum masa jabatan kepala dusun berakhir.

“Kami cadangkan ada enam dusun. Karena misalnya kepala dusunnya habis jabatannya awal 2012, tapi biasanya sebelum habis sudah digelar pemilihan pada akhir 2011,” katanya.

Untuk membiayai Pilkadus, Pemkab dan DPRD Bantul pada APBD Perubahan tahun ini menganggarkan Rp23,5 juta. Tiap dusun bakal mendapat bantuan antara Rp2 juta sampai Rp2,5 juta. Pemkab juga meminta tak ada politik uang dalam pilkadus. “Kalau ada politik uang atau kecurangan biasanya diselesaikan dulu di tingkat panitia dengan musyawarah, kalau tetap menemui jalan buntu bisa ke jalur hukum,” ujarnya.(Harian Jogja/Bhekti Suryani)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya