Sekretaris DPW PKB Jateng, Sukirman. (Media PKB-Semarangpos.com)

Solopos.com, SEMARANG — Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) optimistis meraih kemenangan di 10 daerah di Jawa Tengah (Jateng) pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2020.

10 daerah di Jateng yang menjadi target PKB itu, yakni Kabupaten Pekalongan, Wonosobo, Kebumen, Blora, Pemalang, Demak, Kendal, Blora, Rembang, dan Kota Pekalongan.

“Melihat peta kekuatan yang ada dan berkaca pada hasil Pileg dan Pilpres kemarin, 10 daerah jadi incaran PKB untuk meraih kemenangan di Pilkada 2020,” ujar Sekretaris DPW PKB Jateng, Sukirman, Sabtu (2/11/2019).

Sukirman menilai target meraih kemenangan di 10 kabupaten/kota di Jateng itu sangat realistis. Ia beralasan konsolidasi yang terjalin antarkader PKB di 10 wilayah itu sangat solid. Apalagi, lanjut Sukirman, dari 10 daerah yang ditarget menang itu, lima di antaranya PKB bisa mengusung calon sendiri tanpa harus berkoalisi dengan partai lain.

Baca juga: Ini Besarnya Dana Pilkada 2020 Di 21 Kabupaten/Kota Di Jateng...

Pria yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua I DPRD Jateng itu mengaku tiap DPC PKB yang daerahnya menggelar Pilkada 2020 tengah melakukan penjajakan koalisi. Ada beberapa daerah di mana PKB tidak bisa mengajukan calon sendiri, sehingga perlu berkoalisi dengan partai lain.

“Soal penentuan siapa calon bupati dan calon wakil bupati yang akan diberi rekomendasi, PKB punya mekanisme internal sendiri. Yang jelas, tolok ukur yang digunakan adalah penjaringan dari bawah, hasil survei dan peta koalisi yang ada,” bebernya.

Baca juga: Ini Syarat Yang Harus Dipenuhi Calon Independen Di Pilwalkot Semarang…

Sukirman menambahkan untuk memenuhi target itu, PKB Jateng juga akan menggerapkan mesin dan sayap partai, mulai dari tingkat ranting hingga kabupaten/kota seperti Garda Bangsa, Garda Perempuan, Garda Milenial, Garda Santri, Garda Aswaja, Perempuan Bangsa, maupun Gerakan Mahasiswa Satu Bangsa.

Total ada 21 daerah di Jateng yang menggelar Pilkada serentak 2020. Pemungutan suara Pilkada 2020 akan digelar 23 September mendatang.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten