Tutup Iklan
Ilustrasi hidup bahagia (Lifehack)

Solopos.com, JAKARTA — Semua orang ingin hidup bahagia, tetapi tidak semua orang mengetahui caranya untuk hidup bahagia. Itulah sebabnya banyak orang yang menghabiskan hidupnya dengan hal-hal yang tidak berfaedah.

Bagi orang-orang yang menginginkan kebahagiaan, Anda perlu mengusahakannya. Sebetulnya caranya tidak sulit, hanya saja perlu kerelaan diri untuk segera memulainya.

Berikut ini 10 cara untuk lebih bahagia dari Belle Beth Cooper, seorang content crafter dari Buffer.com:

1. Olahraga

Olahraga adalah kegiatan yang sudah terbukti dapat meningkatkan kesenangan dalam diri seseorang. Selain bermanfaat untuk kesehatan fisik, olahraga juga bermanfaat untuk kesehatan mental. Olahraga membantu seseorang untuk lebih rileks, meningkatkan kemampuan otak, dan mengubah penampilan menjadi lebih baik.

2. Jangan abaikan tidur

Tidur merupakan cara untuk memulihkan energi yang terkuras setelah beraktivitas sepanjang hari. Itulah sebabnya tubuh memerlukan tidur agar perasaan Anda menjadi lebih bahagia.

3. Habiskan waktu bersama keluarga dan teman

Hubungan baik yang terjalin bersama keluarga dan teman merupakan salah satu cara untuk meningkatkan kebahagiaan. Kehidupan sosial merupakan bagian penting dalam kehidupan manusia. Karena itu, jika ingin bahagia, jangan abaikan mereka, orang-orang terkasih dalam hidupmu.

4. Menikmati alam semesta

Sekalipun sibuk, cobalah untuk menikmati nuansa alam yang asri sesekali. Kebiasaan untuk menikmati alam semesta akan menolong kita untuk mensyukuri kehidupan. Udara yang segar dan pemandangan yang alami akan menolong kita untuk rileks.

5. Menolong orang lain

Memberikan pertolongan pada orang lain ternyata tidak hanya memberi manfaat pada orang yang ditolong, tetapi juga kepada kita. Tidak hanya memberikan bantuan secara materi, kita juga dapat menyediakan waktu, telinga untuk mendengar, dan pelukan untuk menolong orang lain merasa lebih baik.

6. Tersenyumlah

Banyak studi telah mengungkapkan bahwa tersenyum dapat membuat kita merasa lebih bahagia. Pikiran kita akan menjadi lebih positif ketika kita menghadapi segala sesuatu dengan tersenyum. Selain itu, tersenyum merupakan sebuah cara untuk mengurangi rasa sakit ketika kita mengalami masa yang sulit. Tidak percaya, coba saja!

7. Rencanakan perjalanan

Walaupun belum tahu kapan waktunya dan apakah bisa terealisasi atau tidak, merencanakan perjalanan akan membuat Anda merasa lebih bahagia. Apabila anda merasa tidak bisa berlibur atau bepergian sekarang ini, cobalah untuk merencakannya saja terlebih dahulu. Soal realisasinya, itu soal nanti.

8. Meditasi

Meditasi merupakan salah satu cara penting untuk meningkatkan fokus, perhatian, dan konsentrasi. Selain itu meditasi dapat membuat kita merasa lebih tenang. Nah, ketenangan biasanya dapat menolong kita merasa lebih bahagia. Pikiran yang tenang dan hati yang bersih akan menolong kita memandang dunia dengan perspektif yang lebih positif.

9. Pindah lebih dekat ke tempat kerja

Siapa yang menyangka ternyata perjalanan yang singkat dari tempat tinggal menuju tempat tinggal ternyata mempengaruhi kebahagiaan seseorang. Karena itu, jika ada kesempatan untuk memiliki tempat tinggal dekat di kantor, pindahlah segera!

10. Bersyukur

Strategi ini kelihatan simpel, tetapi bersyukur dapat meningkatkan kepuasan Anda terhadap sesuatu. Bersyukur dapat menolong kita lebih bahagia, karena kita belajar untuk melihat kehidupan kita lebih dekat dan menerimanya dengan penuh rasa syukur.

Tulis Komentar Anda

Berita Terkait

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten