SOLOPOS.COM - Sebanyak 25 sekretaris kecamatan di Kabupaten Wonogiri menerima kendaraan dinas baru Yamaha Aerox di halaman Pendapa Rumah Dinas Bupati Wonogiri, Selasa (16/4/2024). (Solopos/Muhammad Diky Praditia)

Solopos.com, WONOGIRI—Kabar tentang Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wonogiri memberikan kendaraan dinas baru berupa sepeda motor Yamaha Aerox kepada 25 sekretaris kecamatan atau sekcam di halaman Pendapa Rumah Dinas Bupati Wonogiri, Selasa (16/4/2024), menjadi berita terpopuler laman Solopos.com, Rabu (17/4/2024) pagi.

Berita terpopuler mengungkap kendaraan dinas baru itu diharapkan bisa membantu meningkatkan pelayanan masyarakat di tingkat kecamatan. Sekretaris Daerah Wonogiri, Haryono, saat ditemui Solopos.com di kantornya, mengatakan setiap sekcam di Wonogiri menerima kendaraan dinas baru.

Promosi BI Rate Naik, BRI Tetap Optimistis Penyaluran Kredit Tumbuh Double Digit

Kendaraan dinas itu yaitu sepeda motor Yamaha Aerox keluaran 2024 seharga Rp27,8 juta/unit. Sehingga anggaran yang digelontorkan Pemkab Wonogiri untuk pengadaan kendaraan dinas tersebut sekitar Rp695 juta.

Menurut Haryono, sekcam merupakan jabatan struktural setingkat eselon III. Pengadaan kendaraan dinas baru itu untuk mendukung, memudahkan kerja sekcam di Wonogiri, sekaligus meningkatkan pelayanan kepada masyarakat di tingkat kecamatan.

”Sekcam ini seperti orang nomor dua di kecamatan setelah camat. Tugas dan fungsinya strategis dan penting. Semua hal tata administrasi, keuangan, hingga sumber daya manusia di tingkat kecamatan mereka yang mengerjakan, sehingga mobilitasnya tinggi,” kata Haryono.

Dia menambahkan sekcam juga bertanggung jawab mengoordinasikan semua tata administrasi antara kecamatan dengan desa/kelurahan. Mereka juga bisa berperan sebagai wakil dari camat.

Mengingat hal itu, fasilitas kendaraan sepeda motor dinas yang diberikan kepada sekcam itu bukan sesuatu yang berlebihan. Lagi pula, kata dia, melihat keuangan APBD Wonogiri, pengadaan sepeda motor dinas baru untuk sekcam itu masih memungkinkan tanpa mengganggu program prioritas lain.

Di sisi lain, selama ini sekcam memang tidak memiliki kendaraan inventaris dinas meski tugas dan fungsinya sangat strategis. Haryono menyebutkan tidak semua sekcam di kabupaten/kota lain mendapatkan fasilitas serupa. Hal itu sesuai dengan kebijakan dan kemampuan keuangan daerah masing-masing.

“Fasilitas ini sebenarnya sebagai dukungan sekaligus penghargaan kepada sekcam untuk bekerja sesuai tugas dan fungsi. Prinsipnya, penggunaan fasilitas ini untuk mendukung kesejahteraan masyarakat. Adanya fasilitas ini untuk meningkatkan fungsi pelayanan masyarakat,” jelas dia.

Selain ulasan tentang Sekcam di Wonogiri dapat motor dinas baru, kabar lain tentang pelaku pembunuhan mayat di Polokarto Sukoharjo ditangkap, DPRD Wonogiri gelar dengar pendapat, kecelakaan maut di jembatan Mojo Sukoharjo dan Sragen, hingga Pilkada Solo juga masuk daftar 10 berita terpopuler pagi ini.

Berikut 10 berita terpopuler Solopos.com 24 jam terakhir hingga Rabu (17/4/2024) pagi: 

Habis Lebaran, 25 Sekcam di Wonogiri Dapat Motor Dinas Baru Yamaha Aerox

Pelaku Pembunuhan Mayat di Polokarto Sukoharjo Ditangkap Polisi, Satu Buron

Besok, DPRD Wonogiri Gelar Dengar Pendapat soal Perpanjangan Masa Jabatan Kades

Kecelakaan di Jembatan Mojo Sukoharjo, Siswi SMKN 7 Solo Meninggal

2 Motor Adu Banteng dengan Pikap di Cawas Klaten, 4 Pelajar Sukoharjo Kritis

Hantam Mobil, Pengendara Motor di Sragen Terpelanting Lalu Tertabrak Truk

Mengenal Tradisi Ular-ularan yang Dilakukan ASN Boyolali Setelah Libur Lebaran

Pengacara Muhammad Taufiq Ambil Formulir Cawali Solo 2024 di PDIP

3 Kepala Dinas di Solo Terima Parsel Lebaran

Pilkada Karanganyar: 10 Parpol Nonparlemen Dukung Ilyas Akbar, Satu Paryono

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya