SOLOPOS.COM - Landskap wisata tol sawah dan pasar jadul yang tengah dirintis oleh warga dalam mengembangkan wisata Lembah Dungde di Mlilir, Gentungan, Mojogedang. (Istimewa)

Solopos.com, SOLO -- Ulasan tentang rintisan tempat wisata Lembah Dungde di Mojogedang Karanganyar menjadi berita terpopuler di Solopos.com selama 24 jam terakhir hingga Senin (31/8/2020) pagi.

Berita terpopuler berjudul Wisata Tol Sawah di Lembah Dungde Mojogedang Karanganyar, Semilir Gaes membeberkan tentang warga Mlilir, Gentungan, Mojogedang mulai merintis desa wisata Lembah Dungde dengan memanfaatkan sektor pertanian dan kuliner yang ada di wilayah tersebut.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Ketua Desa Wisata Lembah Dungde, Mulyono, baru-baru ini, menjelaskan pihaknya memanfaatkan kondisi geografis dan sektor pertanian untuk merintis desa wisata.

Hari Ini Dalam Sejarah: 31 Agustus 1957, Inggris Beri Kemerdekaan ke Federasi Malaya

Hal tersebut didasari petani berpenghasilan rendah lantaran produk mereka melewati rantai penjualan yang panjang. Sehingga, dengan adanya wisata tersebut petani bisa langsung bertransaksi dengan pengunjung dan meningkatkan penghasilan mereka.

“Masalahnya banyak petani yang kesulitan memasarkan produk mereka. Dengan pengemasan yang bagus, maka petani bisa langsung melewati rantai penjualan yang panjang itu. Pembeli dapat harga lebih murah, petani bisa mendapatkan penghasilan lebih tinggi. Karena produk organik mereka itu kalau di kota nilainya tinggi sebenarnya,” ucap dia.

Beberapa program wisata yang sedang dirintis di Lembang Dungde Mojogedang antara lain rumah tiwul yang menawarkan wisata pengalaman membuat tiwul, rumah batik, edukasi tanam padi organik, dan pasar jadul untuk wadah menjual produk pertanian warga.

Membangun Tol Sawah untuk Menambah Daya Tarik

Selain itu, pihaknya juga membangun tol sawah pada 2020 yang Instagramable untuk menambah daya tarik wisata.

“Kami juga memberdayakan rumah warga menjadi homestay. Jadi wisatawan juga akan mendapatkan pengalaman tinggal di desa itu seperti apa dan kegiatannya bagaimana,” imbuh dia.

Solopos Hari Ini: 99,9% Resesi, Hindari PHK!

Selain itu, rintisan Lembah Dungde Mojogedang ini juga didampingi Akademi Pariwisata Mandala Bakti untuk mengajari warga mengelola wisata dengan profesional.

Selain berita wisata Lembah Dungde tersebut, ulasan lain seputar asale Sendang Siwani Wonogiri serta hoaks seputar korban pembunuhan di Duwet, Baki, Sukoharjo, juga masuk daftar terpopuler di Solopos.com.

Berikut 10 berita terpopuler di Solopos.com 24 jam terakhir hingga Senin (31/8/2020) pagi:

Wisata Tol Sawah di Lembah Dungde Mojogedang Karanganyar, Semilir Gaes

Asale Sendang Siwani Wonogiri, Sumber Kekuatan Pangeran Samber Nyawa

Masih Shock! Keluarga Malah Diterpa Hoaks Handa Korban Pembunuhan Duwet Sukoharjo Tengah Hamil

Meledak Lagi, Pasien Covid-19 di Klaten Tambah 16 dalam Sehari

Warga Sukoharjo Sudah Boleh Gelar Hajatan Hingga Dangdutan Loh, Tapi Ada Syaratnya

Cara Cepat Menambah Penghasilan, Bisa Langsung Praktik

Digeser dari Cawabup Klaten, Aris Prabowo Tak Mau Komunikasi dengan Yoga Hardaya

Enggak Kuat Jangan Baca, Ini Kisah Kelam Rumah 2207 Seymour Ave yang Sengaja Diblur Google

Warna-Warni Jembatan Pelangi di Cawas Klaten, Cocok Buat Selfie

Yoga Hardaya Yakin Raih 80% Suara di Pilkada Klaten 2020  Gaspol Gerilya Politik

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya