SOLOPOS.COM - Sejumlah sukarelawan mengevakuasi pendaki asal DIY yang jatuh terperosok saat hendak turun ke kawah Candradimuka di bawah pos dua, Minggu (19/7/2020). (Istimewa/Dokumentasi BPBD Kabupaten Karanganyar)

Solopos.com, KARANGANYAR – Pendaki yang terperosok ke kawah Candradmuka Gunung Lawu, Alam, 31, berhasil dievakuasi hingga basecamp Cemara Kandang pukul 15.30 WIB. Evakuasi korban melibatkan sukarelawan gabungan lintas lembaga.

Pendaki asal DIY itu dievakuasi dari dekat kali di kompleks kawah Candradimuka di bawah pos dua dengan cara ditandu. Sebanyak 70-80 orang sukarelawan dari beberapa instansi, organisasi maupun komunitas, seperti Basarnas Pos SAR Surakarta, AGL, Tim SAR Karangganyar, Reco, PMI Cabang Karanganyar, KRI, dan lainnya mengevakuasi korban hingga pos pendakian atau basecamp Cemara Kandang.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Koordinator Basarnas Pos SAR Surakarta, Arief Sugiyarto, menuturkan korban selamat. "Sampai pos Cemara Kandang jam 15.30 WIB. Survivor langsung dibawa ke RSUD Karanganyar. Kondisi sadar. Operasi [evakuasi pendaki] sudah ditutup," kata Arief saat dihubungi Solopos.com, Minggu (19/7/2020).

Pilkada Solo

Sementara itu, di Solo, pasangan cawali-cawawali dari jalur perseorangan, Bagyo Wahyono-FX Supardjo alias Bajo siap melawan pasangan Gibran Rakabuming Raka-Teguh Prakosa di Pilkada Solo 2020.

Ekspedisi Mudik 2024

Pernyataan itu disampaikan Ketua Tim Pemenangan Bajo, Robert Hananto, mellui siaran pers yang diterima wartawan, Minggu (19/7/2020). Pasangan Baji berjanji akan all out dalam pertarungan itu.

"Bajo siap menjawab semua kekhawatiran. Saat ini kami terus berjuang menyelesaikan tahapan-tahapan dari KPU. Semoga bisa lolos tahap verfak perbaikan dan pada September bisa mendaftarkan diri sebagai cawali-cawawali," ujar Robert.

Berikut ini adalah daftar 10 berita terpopuler Solopos.com dalam 24 jam terakhir:

Pendaki yang Terperosok ke Kawah Candradimuka Lawu Berhasil Dievakuasi

Beda Kekuatan, Bajo Siap Lawan Gibran-Teguh di Pilkada Solo 2020

Bikin Heboh! Sabtu Malam Alun-Alun Utara Solo Digembok, Kenapa?

3 Nakes Wonogiri Positif Covid-19, 2 Kontak Erat Ustaz Jatisrono

4 Orang Positif Covid-19, 240 Warga Majasto Sukoharjo Dikarantina

Pilkada Solo: Putri Woelan Cucu PB XII Bakal Maju Jadi Lawan Gibran?

Cegah Kerumunan, Pemancingan WGM Wonogiri Ditutup Lagi

Hendak Turun ke Kawah Candradimuka Gunung Lawu, Pendaki Asal DIY Terperosok

Pendukung Puguh Sebut Demokrasi di Solo Kiamat, Benarkah?

Ke Tawangmangu Tak Pakai Masker? Mending Balik Kanan Luuur...

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya