SOLOPOS.COM - Layar HP merekam Kadiv Propam nonaktif Irjen Pol Ferdy Sambo saat tiba untuk menjalani pemeriksaan di Bareskrim Mabes Polri, Jakarta, Kamis (4/8/2022).(Antara/Aprillio Akbar)

Solopos.com, SOLO — Ulasan tentang karier Irjen Ferdy Sambo jenderal bintang dua Polri yang terkait kasus penembakan Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J menjadi berita terpopuler di Solopos.com, Kamis (11/8/2022).

Di usia yang baru menginjak 48 tahun, Ferdy Sambo sudah meraih pangkat jenderal bintang dua Polri. Ia berpotensi sampai ke puncak karier sebagai orang nomor satu di Polri seperti halnya Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

Promosi BRI Borong 12 Penghargaan 13th Infobank-Isentia Digital Brand Recognition 2024

Namun rentetan suara tembakan di Kompleks Polri Duren Tiga, Jakarta Selatan pada 8 Juli 2022 mengakhiri semua. Karier moncer Ferdy Sambo hampir pasti tamat setelah ia menyandang status tersangka pembunuhan berencana dengan ancaman hukuman mati.

Suara tembakan terdengar dari rumah mantan Kadiv Propram Irjen Pol Ferdy Sambo itu menjadi misteri hingga sebulan. Suara letupan yang sesekali berhenti kemudian terdengar lagi.

Ekspedisi Mudik 2024

Sempat dikira suara petasan, kemudian klaim aksi polisi tembak polisi. Kini tabir itu terbuka. Tembakan itu berasal dari pistol Bripka Ricky Rizal (RR) yang mengakhiri hidup Brigadir Yosua Hutabarat alias Brigadir J.

Baca Juga : Ada Pemeliharaan, Cek Pemadaman Listrik Boyolali Hari Ini (11/8/2022)

Itu versi terbaru Polri yang disampaikan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo. “Tidak ada tembak menembak, FS [Ferdy Sambo] perintahkan Bharada E menembak Brigadir J,” kata Kapolri dalam jumpa pers, Selasa (9/8/2022).

Setelah Brigadir J meninggal, Ferdy Sambo merekayasa peristiwa. Dia mengambil pistol milik Brigadir J dan menembakkan peluru ke dinding berkali-berkali.

Tujuannya, kata Listyo, untuk menghilangkan jejak supaya ada kesan Brigadir J meninggal bukan dibunuh melainkan terlibat aksi tembak menembak dengan Bharada E.

Skenario ini dipakai polisi pada awal peristiwa. Bahkan, jika mengikuti versi polisi pada saat itu, kronologi kasusnya bak drama khas sinetron Indonesia.

Brigadir J disebut menempelkan pistol ke kepala istri Ferdy Sambo, Putri Candrawathi, sembari melakukan pelecehan. Putri berteriak minta tolong.

Baca Juga : Jadwal Bioskop XXI Hari Ini (11/8/2022): Ada 2 Film yang Tayang

Bharada E yang mendengar teriakan istri bos itu langsung mengecek ke lokasi. Masih versi polisi, Brigadir J terperanjat lalu menembakkan timah panas ke arah Bharada E.

Bharada E disebut sebagai penembak mahir, merespons dengan tembakan yang seluruhnya mengenai Brigadir J. Brigadir J pun meninggal seketika.

Ternyata, informasi yang diterima publik Tanah Air dalam waktu sebulan itu bohong. Satu persatu skenario itu mulai terbongkar. Penetapan Bharada E sebagai tersangka membuka tabir.

Bharada E yang semula bungkam akhirnya berani bicara setelah sebelumnya ia bertemu orang tuanya. Kemungkinan besar Bharada E mendapat petuah dari orang tua untuk jujur, sekaligus akan meringankan hukumannya kelak.

Bharada E mengungkapkan dirinya hanya diperintah oleh Ferdy Sambo. Laiknya bawahan mematuhi perintah atasan. “Jadi Saudara FS [Ferdy Sambo] yang tembak dinding berkali-kali agar seolah-olah terjadi baku tembak,” tutur Kapolri.

Baca Juga : Ada Pemeliharaan, Cek Pemadaman Listrik di Jogja Hari Ini (11/8/2022)

Kapolri juga menjelaskan fakta baru terungkap setelah Bharada E mengajukan diri sebagai justice collaborator dan mengungkap apa yang sebenarnya terjadi di kediaman dinas tersangka Irjen Pol Ferdy Sambo.

“Terkait apakah Saudara FS ini terlibat langsung atau tidak, kami masih menelusurinya,” katanya.

Ulasan detail tentang berita itu dapat Anda baca pada berita berjudul Jejak Berdarah Duren Tiga Akhiri Karier Moncer Ferdy Sambo. Selain ulasan itu masih ada ulasan lain tentang kasus penembakan Brigadir J, guru TK meninggal di kamar mandi, kasus Julianto Eka Putra, prediksi Indonesia-Myanmar terbukti, Ganjar Pranowo beli 18 tiket Dream Theater tapi tak nonton hingga perbaikan Viaduk Gilingan Solo menjadi berita terpopuler di Solopos.com.

Berikut 10 berita terpopuler di Solopos.com pada Kamis (11/8/2022):

Jejak Berdarah Duren Tiga Akhiri Karier Moncer Ferdy Sambo

Kapolri Sempat Stagnan, Terbantu Berkat Pengakuan Bharada E



Ferdy Sambo Disorot Media Malaysia, Singapura dan Australia

Rumdin Ferdy Sambo Diusulkan Jadi Museum Pengingat Kejahatan

Pengacara Keluarga Usulkan Brigadir J Jadi Pahlawan Kepolisian

Guru TK Meninggal di Kamar Mandi, Diduga Dibunuh

Jaksa Yakin Hakim Bakal Hukum Motivator Julianto Eka Putra

Prediksi Pelatih Indonesia dan Juru Taktik Myanmar Terbukti, Apa Itu?

Ganjar Pranowo Beli 18 Tiket Tapi Tak Nonton Dream Theater di Solo

Perbaikan Viaduk Gilingan Solo Bikin Warga Kampung Khawatir, Kenapa?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya