SOLOPOS.COM - Ketua Banteng Solo Bergerak (BSB), Ariyanto RS (tengah), memberikan keterangan kepada awak media, Minggu (9/8/2020) siang. (Solopos/Kurniawan)

Solopos.com, SOLO -- Dinamika Pilkada Solo menjadi sorotan apalagi calon wali kota dari PDIP Gibran Rakabuming Raka merupakan anak dari Presiden Joko Widodo. Selalu menarik berita terkait Gibran dalam Pilkada tersebut.

Salah satunya pernyataan dari Komunitas Banteng Solo Bergerak atau BSB. Komunitas yang merupakan wadah pergerakan sejumlah kader PDIP Solo mengendus adanya aksi bersih-bersih struktur ranting PDIP dari pendukung Gibran Rakabuming Raka.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Aksi bersih-bersih dilakukan dalam kegiatan Musyawarah Ranting (Musran) yang digelar mulai Kamis (6/8/2020) hingga Senin (10/8/2020). Pada Kamis, Musran digelar untuk ranting di wilayah Pimpinan Anak Cabang (PAC) PDIP Pasar Kliwon.

Covid-19 Klaster Perkantoran Solo: Selain Inspektorat, Gugus Tugas Juga Tracing Di Disdik

“Kemarin [Kamis-Jumat] dalam penataan struktur ranting Serengan dan Pasar Kliwon praktik sapu bersih dilakukan. Juga kemarin [Sabtu] terulang kembali di PAC Jebres,” ujar Ketua BSB, Ariyanto RS, di Warung Makan Karonsih, Minggu.

Praktik bersih-bersih pendukung Gibran diyakini Banteng Solo Bergerak juga akan terjadi dalam Musran PAC PDIP Laweyan pada Senin. Aksi bersih-bersih itu dinilai Ariyanto sebagai ancaman serius bagi Gibran Rakabuming selaku cawali Solo.

“Ini adalah ancaman serius untuk Gibran sebagai penerima rekomendasi DPP PDIP sebagai cawali Solo. Praktik ini memperjelas praktik Tijitibeh [mati siji mati kabeh] yang akrab disampaikan Ketua DPC di setiap pertemuan,” urai dia.

Begini Cara Dapat Bantuan Rp600.000 Per Bulan untuk Karyawan Bergaji di Bawah Rp5 Juta

Sejumlah Kejanggalan

Ariyanto mengungkapkan sejumlah kejanggalan selama pelaksanaan Musran PDIP di Solo empat hari terakhir yang membuat Banteng Solo Bergerak mencurigai adanya upaya bersih-bersih pendukung Gibran.

Seperti adanya pengurus ranting dan PAC aktif yang tidak diundang, termasuk dirinya selaku pengurus PAC PDIP Banjarsari.

Selain itu dalam pelaksanaan Musran tidak dibacakan petunjuk pelaksanaan dan petunjuk teknis (aturan) tata cara pemilihan pengurus ranting. Musran juga dinilai Ariyanto tak dilengkapi dengan prasarana pendukung yang memadai.

Kisah Misteri Makam Kiai Singkil di Pinggir Jalan Depan Kantor Bupati Demak

Berita mengenai Gibran dalam Pilkada Solo menjadi yang terpopuler di Solopos.com dalam kurun waktu 24 jam terakhir hingga Senin (10/8/2020) pagi. Berikut 10 berita terpopuler lain selengkapnya.

Banteng Solo Bergerak Endus Adanya Upaya Bersih-Bersih Pendukung Gibran di Struktur Ranting PDIP

Keributan di Mertodranan Bikin 3 Orang Terluka, Ini Penjelasan Lurah Pasar Kliwon Solo

Mbah Minto Klaten Kantongi Uang Ratusan Juta Berkat Vlog

10 Berita Terpopuler: Aktivitas hingga Bayaran Mbah Minto Klaten Setelah Jadi Jutawan

PDIP Wonogiri Minta Cawabup Pendamping Jekek Diganti, Ini Sosok yang Diusulkan

Viral Video Kades Karaoke Peluk-Pelukan Sama Istri Kadus

Tolak Hasil Musran, Banteng Solo Bergerak Ngadu ke DPD & DPP PDIP

Polisi Terjunkan 1 Peleton Brimob Amankan Kampung Mertodranan Solo Seusai Kericuhan

GP Ansor Desak Polisi Tangkap Pelaku Kericuhan Di Mertodranan Solo

Terancam Batal Jadi Cawabup dari PDIP di Pilkada Wonogiri, Begini Respons Sriyono

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya