10 Berita Terpopuler: Alas Wingit Ketonggo Ngawi-Warisan Pengusaha Asia

Alas Ketonggo di Ngawi, Jatim menjadi salah satu tempat wingit yang menyimpan misteri dan warisan pengusaha terkaya Asia dari Semarang menjadi berita terpopuler di Solopos.com, Jumat (28/1/2022).

 Alas Ketonggo Ngawi. (Facebook/ Kriya Yoga Nusantara)

SOLOPOS.COM - Alas Ketonggo Ngawi. (Facebook/ Kriya Yoga Nusantara)

Solopos.com, SOLO — Ulasan tentang Alas Ketonggo di Kabupaten Ngawi, Jawa Timur menjadi salah satu tempat wingit yang menyimpan segudang misteri dan warisan pengusaha terkaya Asia dari Semarang menjadi berita terpopuler di Solopos.com, Jumat (28/1/2022).

Berdasarkan mitos yang berkembang, hutan ini dipercaya sebagai gerbang alam gaib Gunung Lawu. Hutan ini juga dipercaya sebagai tempt istirahat raja terakhir Majapahit, Prabu Brawijaya V.

PromosiJake Daniels dan Para Pesepak Bola Gay dalam Pusaran Liga Inggris

Tepatnya, sebelum bertapa dan moksa di Gunung Lawu. Hal inilah yang mendasari anggapan bahwa hutan itu merupakan pintu gerbang alam gaib menuju Gunung Lawu.

Baca Juga : Jadwal Bioskop XXI Hari Ini (28/1/2022): Banyak Film Baru Nan Seru Hlo

Alas Ketonggo berlokasi di Desa Babadan, Kecamatan Paron, Kabupaten Ngawi, Jawa Timur. Tempat itu merupakan titik kesembilan dari 32 lokasi spiritual petilasan Prabu Brawijaya V.

Kabarnya, tempat ini memiliki kekuatan gaib yang paling besar. Sang raja konon beristirahat di hutan tersebut setelah lari dari Kerajaan Mahapahit.

Prabu Brawijaya V diserang pasukan Demak di bawah pimpinan Raden Patah dan Walisanga. Waktu itu, Brawijaya V dikisahkan berencana pergi ke puncak Gunung Lawu.

Baca Juga : Solopos Hari Ini: Desakan Evaluasi PTM Menguat

Prabu Brawijaya V kemudian melepas semua artibut kerajaannya berupa jubah, mahkota, serta benda-benda pusaka yang kemudian raib di alas ini. Sang raja kemudian menyucikan diri Kali Tempur. Sungai ini lokasinya tak jauh dari suatu punden di Alas Ketonggo.

Dikutip dari jurnal milik mahasiswa Universitas Negeri Surabaya, Francisca Andriani, petilasan Brawijaya V di hutan ini kali pertama ditemukan Kepala Desa Babadan, Somo Darmojo, pada 1963.

Petilasan ini berupa punden yang konon terus bertambah tinggi dan berhenti pada waktu-waktu tertentu. Dalam jurnal itu disebutkan pula Alas Ketonggo, menurut penduduk setempat, merupakan pusat keraton lelembut atau makhluk halus.

Baca Juga : Eksklusif! Gibran Buka-Bukaan, Siap Jadi Sales demi Kota Solo

Kini, sebagian orang memanfaatkan Alas Ketonggo sebagai tempat bermeditasi. Dikutip dari laman resmi Pemerintah Kabupaten Ngawi, ngawikab.go.id, Kamis (26/1/2022), hutan seluas 4.836 meter persegi ini merupakan salah satu destinasi favorit wisatawan luar kota hingga luar negeri seperti Malaysia dan Singapura.

Pengunjung yang datang dari berbagai daerah itu kebanyakan mendatangi Palenggahan Agung Srigati guna melakukan ritual yang biasanya dipimpin sang juru kunci bernama Marji.

Baca Juga : Sejarah Hari Ini: 28 Januari 1871 Pengepungan Paris Berakhir

Selain ulasan tentang Alas Ketonggo Ngawi, ulasan lain tentang tenaga honorer Karanganyar, wisata Kahyangan Wonogiri, kasus Covid-19 di SMA Warga Solo, asal usul Bekonang Sukoharjo, warisan pengusaha terkaya Asia di Semarang, curhat ustaz Yusuf Mansur, hingga pelaku begal payudara di Sragen menjadi berita terpopuler di Solopos.com.

Berikut 10 berita terpopuler selama 24 jam di Solopos.com, Jumat (28/1/2022):

Alas Ketonggo Ngawi, Gerbang Alam Gaib Gunung Lawu?

Ribuan Tenaga Honorer di Karanganyar Terancam Nganggur

Wisata Kahyangan Wonogiri, Tempat Semedi Panembahan Senopati Mataram

Guru dan Siswa Terpapar Covid-19, PTM di SMA Warga Solo Dihentikan

Asal Usul Bekonang Sukoharjo, Berasal dari Nama Senopati Majapahit

Warisan Pengusaha Terkaya Asia dari Semarang Disita Rezim Sukarno?

Misteri Akhir Hayat Pengusaha Terkaya Asia Semarang: Warisan Disita

Kian Banyak Kritikan, Ini Curahan Hati Ustaz Yusuf Mansur

Ini Deretan Warisan Pengusaha Terkaya Asia dari Semarang yang Disita

Bukan Di Bawah Umur, Polisi Ungkap Fakta Baru Begal Payudara Sragen

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

Espos Plus

Belum Ada Bintang Terang, Aja Kesusu…

+ PLUS Belum Ada Bintang Terang, Aja Kesusu…

Frasa ”aja kesusu” atau jangan terburu-buru yang dikemukakan Presiden Joko Widodo dalam acara Rapat Kerja Nasional Pro Jokowi (Projo) di Magelang, Jawa Tengah, pada Sabtu (21/5/2022), adalah pesan yang berlaku umum, namun juga bisa ditafsirkan lebih sempit sesuai konteks dan ruangnya.

Berita Terkini

Andika Perkasa Muncul dalam Bursa Capres NasDem

Nama Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa dan Rahmat Gobel masuk dalam bursa capres Partai NasDem.

Profil Ketua MK Anwar Usman, Adik Ipar Baru Presiden Jokowi

Ketua MK Anwar Usman resmi menjadi adik ipar Presiden Jokowi setelah menikahi Idayati di Solo, Kamis (26/5/2022).

Memprihatinkan, Belum Banyak Mahasiswa Hukum Baca Putusan Peradilan

Cukup memprihatinkan, mahasiswa Fakultas Hukum saat ini tidak tertarik untuk membaca putusan-putusan hukum semisal putusan MK terkait dengan persoalan KPK.

Mengundang Bencana di Tanah Bencana

Ekspansi industri dan pembangunan infrastruktur di kawasan pesisir Kota Semarang hingga Kabupaten Demak, Provinsi Jawa Tengah, menicayakan krisis lingkungan berupa tanah ambles dan banjir atau rob.

Temui Presiden dalam GPDRR di Bali, Save The Children Suarakan Aspirasi

Presiden Joko Widodo menyambangi Rumah Resiliensi Indonesia (RRI) sebagai bagian dari Global Platform for Disaster Risk Reduction (GPDRR) 2022.

Nikahi Adik Jokowi, Ketua MK Anwar Usman Pernah Main Film, Ini Judulnya

Ketua Mahkamah Konstitusi (MK), Anwar Usman yang menikahi adik Jokowi, Idayati, ternyata pernah bermain film. Apa judulnya?

Kembalinya Sentralisasi

Penunjukan dan pengangkatan para penjabat kepala daerah pada 2022 dan 2023 dengan masa jabatan setahun hingga lebih dari dua tahun sama saja dengan mengembalikan sentralisasi pemerintahan.

Nikahi Adik Jokowi, Ketua MK Anwar Usman Pernah Jadi Guru Honorer

Nikahi adik Jokowi, Idayati, ternyata Ketua Mahkamah Konstitusi (MK), Anwar Usman, ternyata pernah menjadi guru honorer.

Biodata Anwar Usman, Ketua MK yang Nikahi Adik Jokowi Hari Ini

Ini dia biodata atau profil dari Anwar Usman, Ketua MK yang menikahi adik Jokowi, Idayati hari ini, Kamis, 26 Mei 2022.

Dinilai Berhasil Kendalikan Covid-19, Indonesia Dapat Pujian dari PBB

Perhimpunan Bangsa-Bangsa (PBB) memuji Indonesia yang dinilai berhasil mengendalikan Covid-19 sehingga perhelatan forum Platform Global Pengurangan Risiko Bencana (GPDRR) 2022.

Kisah Nokia yang Hilang dan DPD yang Merasa Dibedakan

Saat Apple membukukan keuntungan US$123,9 miliar atau setara Rp1,779 triliun per Desember 2021, Nokia justru mulai dilupakan.

Sejarah Hari Ini: 26 Mei 1889 Menara Eiffel Dinaiki Pengunjung

Beragam peristiwa bersejarah di berbagai belahan dunia terjadi dari tahun ke tahun pada 26 Mei.

Ada Beasiswa S2 di China dari Luhut dan LPDP, Begini Persyaratannya

Untuk teknis pelaksanaan program beasiswa tersebut, Menteri Luhut bekerja sama dengan Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP).

Penembakan Massal di Texas, 14 Siswa dan Seorang Guru Terbunuh

Penembak yang baru berusia 18 tahun tewas oleh polisi yang merespons kejadian penembakan massal itu.

Subsidi Minyak Goreng Dicabut, Ini Yang Jadi Acuan Ekspor

Program penyediaan minyak goreng curah bersubsidi yang dikoordinasikan oleh Kemenperin akan berhenti pelaksanaannya pada 31 Mei 2022.