SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

JOGJA—Sebanyak 10 anggota Lembaga Ombudsman Swasta (LOS) dan Lembaga Ombudsman Daerah (LOD) periode 2012-2015 resmi terpilih. Lembaga bentukan Gubernur DIY tersebut diminta sanggup memberi umpan balik atau masukan atas kebijakan pemerintah.

Nama-nama anggota LOS dan LOD tersebut telah diserahkan ke Gubernur DIY dan telah disetujui pada Rabu (28/12). Anggota LOS dan LOD masing-masing lima orang. Anggota LOS terpilih yakni, Siti Rohmani, Siti Umi Akhirokh, Nursya’bani Purnama, Slamet dan Nurman Firdausie. Adapun anggota LOD yakni Ratna Mustika Sari, Buyung Ridwan Tanjung, Eko Agus Wibisono, Mukhsin Achmad dan Siwi Dewi Lestari Dian Kustanti.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Kepala Biro Hukum Pemprov DIY, Moedji Rahardjo kepada Harian Jogja, Kamis (29/12) mengatakan, seluruh anggota baru tersebut bakal diberi pembekalan sebelum dilantik. Ia meminta anggota baru ini memberikan masukan atau umpan balik terhadap kebijakan pemerintah dengan optimal.

Menurutnya peranan LOD dan LOS yang utama adalah memberi masukan kepada Gubernur karena lembaga ini dibentuk oleh Gubernur. Kedua, perannya sebagai lembaga yang berwenang menyelesaikan aduan atau sengketa di masyarakat. “Kalau peranan untuk memberikan masukan itu terkait outcome (dampak kebijakan) kalau wewenangkan termasuk tugas pokok fungsi dan terkait output (hasil),” ujar Moedji Rahardjo.

Sekretaris Panitia Seleksi anggota LOD dan LOS, Achiel Suyanto mengatakan, khusus untuk LOS diminta tak hanya menyelesaikan perkara yang melibatkan lembaga lokal tapi juga vertikal seperti layanan BUMN. “Contohnya enggak cuma soal keputusan pengembang, tapi juga soal lain seperti layanan Telkom banyak yang kurang puas, lainnya contohnya Kereta Api, PLN. Meski itu institusi pusat tapi kan dapat juga bekerjasama dengan DIY,” ungkap Achiel.

Anggota LOS periode 2012-2015

1.        Siti Rohmani

2.         Siti Umi Akhirokh

3.         Nursya’bani Purnama

4.         Slamet

5.        Nurman Firdausie

Anggota LOD periode 2012-2015

1.        Ratna Mustika Sari

2.        Buyung Ridwan Tanjung

3.         Eko Agus Wibisono

4.        Mukhsin Achmad

5.        Siwi Dewi Lestari Dian Kustanti

(Harian Jogja/Bhekti Suryani)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya