SOLOPOS.COM - Ilustrasi parfum atau pengharum pengharum mobil (Otoflik)

Solopos.com, SOLO—Produsen mobil saat ini telah melengkapi berbagai fitur untuk menambah kenyamanan dan kemudahan penggunanya. Namun tentunya masih ada kelengkapan atau aksesori mobil yang lain yang harus dipenuhi sendiri oleh pengguna.

Aksesori ini diperlukan untuk menunjang kebutuhannya ketika berada di dalam mobil atau menempuh perjalanan.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Berikut 10 Aksesoris yang harus ada di mobil, seperti dikutip Solopos.com dari Gardaoto, Minggu (29/1/2023).

Mobil-mobil produk baru biasanya sudah dilengkapi dengan aksesoris pendukung di dalamnya namun untuk mobil lama, tentu aksesoris yang tersedia tidak selengkap mobil baru. Maka dari itu diperlukan aksesoris tambahan agar kebutuhan saat berkendara tercukupi dengan baik. Berikut aksesoris yang wajib ada dalam mobil yang meliputi:

  1. Charger USB

Charger USB wajib ada dalam sebuah mobil karena sangat dibutuhkan terutama untuk mengisi daya ponsel. Apalagi jika perjalanan yang akan ditempuh merupakan perjalanan jauh seperti keluar kota yang membutuhkan waktu lama. Tentu ponsel harus selalu aktif agar bisa berkomunikasi serta untuk memenuhi kebutuhan lainnya.

Akan lebih baik jika mobil memiliki lebih dari satu port charger, sehingga bisa digunakan untuk mengisi daya lebih dari satu perangkat. Apabila di dalam mobil tidak tersedia aksesori ini, tentu akan sangat merepotkan.

  1. Phone holder/dudukan ponsel

Aksesori phone holder juga diperlukan di dalam mobil yang berfungsi sebagai dudukan ponsel. Terutama bagi mobil yang belum memiliki fitur GPS, menggunakan ponsel sebagai navigasi sangat diperlukan. Dengan adanya phone holder maka kamu akan lebih mudah untuk melihat rute menuju lokasi tanpa harus memegang ponsel.

Pasanglah phone holder di tempat yang mudah dilihat dan tidak mengganggu saat mengemudi dan yang terpenting gunakan ponsel dengan benar saat berkendara karena dapat membahayakan keselamatan pengguna jalan.

  1. Portable vacuum cleaner

Portable vacuum cleaner berguna untuk membersihkan area dalam mobil sehingga membuat kamu nyaman dalam berkendara. Terutama sisa makanan yang berukuran kecil yang sulit diambil dengan tangan kosong dan juga membersihkan debu. Akan lebih baik jika vacum cleaner berukuran kecil sehingga tidak membutuhkan ruang yang besar.

  1. Meja lipat

Meja lipat juga dibutuhkan dalam mobil terutama untuk tempat makan. Namun akan lebih baik jika makan tidak sambil berkendara karena bisa membahayakan dan mengganggu konsentrasi. Kegunaan meja agar makanan tidak tumpah ke kursi dan juga bisa menjadi tempat menaruh laptop jika ada kepentingan menyalakan perangkat ini.

  1. Kabel jumper

Aksesori mobil selanjutnya adalah kabel jumper yang berfungsi untuk mengalirkan arus listrik dari mobil lain ke mobilmu. Kabel jumper diperlukan ketika dalam perjalanan aki mobil soak. Kamu bisa menggunakan perangkat ini untuk kembali menghidupkan mobil dengan bantuan mobil lain.

  1. Organizer

Organizer dibutuhkan sebagai tempat menampung barang-barang kecil agar tidak berserakan dan mudah dicari. Carilah yang memiliki banyak sekat sehingga barang bisa dimasukkan sesuai dengan jenis-jenisnya. Hal itu akan memudahkan dalam mencari barang yang diperlukan.

  1. Tempat sampah

Tempat sampah juga sangat diperlukan dalam mobil. Kegunaannya sudah pasti sebagai tempat untuk menaruh sampah sehingga tidak berserakan. Carilah tempat sampah yang berukuran kecil agar tidak membutuhkan space yang besar di dalam mobil.

Akan lebih baik jika menggunakan tempat sampah yang memiliki tutup di atasnya. Sehingga bau dari sampah tidak akan menyebar di dalam mobil dan pengendara akan tetap nyaman.

  1. Anti slip dash mat

Anti slip dash mat atau karpet anti selip di dasbor ini berguna agar barang-barang tidak mudah bergeser. Karpet ini yang biasa diletakan di atas dasbor cocok untuk meletakan barang kecil seperti kunci mobil, kartu elektronik dan benda kecil lainnya.

  1. Pengharum atau parfum mobil

Mobil juga membutuhkan aksesori pengharum ruangan agar di dalam mobil tetap harum dan membuat kamu lebih nyaman ketika sedang berkendara. Pengharum mobil juga akan membuat bau makanan atau sisa tertutup oleh bau pengharum. Saat ini ada banyak jenis pengharum ruangan yang bisa kamu pilih sesuai dengan selera.

  1. Dash cam

Aksesori ini digunakan untuk merekam perjalanan sehingga jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan bisa dijadikan sebagai alat bukti. Seperti ketika terjadi pencurian atau kecelakaan di jalan kamu dengan adanya rekaman maka kamu akan lebih mudah mengatasi masalah tersebut.

Ada juga dash cam yang memiliki G-sensor yang akan otomatis merekam ketika kamera bergeser. Dash cam jenis ini akan sangat berguna terutama ketika kamu meninggalkan mobil di parkiran atau tempat umum. Jika ada pencuri yang masuk ke dalam mobil akan direkam oleh kamera dan bisa dijadikan bukti untuk mencari tindak kejahatan tersebut.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya