SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

JAKARTA — Kementerian Luar Negeri RI berhasil membebaskan warga negara Indonesia (WNI), Edy Saputra, dari hukuman mati di Kuching, Malaysia. Keterangan pers resmi dari Kemlu di Jakarta, Selasa (2/10/2012), menjelaskan, Edy yang semula divonis hukuman mati pada 1 Maret 2010 atas pembunuhan terhadap warga Malaysia Chai Joon Boi, dinyatakan bebas pada Kamis (27/9/2012) oleh Mahkamah Rayuan (Court of Appeal) di Kuching, Malaysia.

Hal ini tidak terlepas dari kerja keras semua pihak, terutama KJRI Kuching dan pengacaranya Ranbir Singh Sangha. Dalam menangani kasus tersebut, Ranbir juga telah mempersiapkan 54 alasan yang dituangkan ke dalam “subsmissions”, memuat keberatan atas dijatuhkannya hukuman mati kepada Edy sejak vonis pada 1 Maret 2010.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Berdasarkan informasi yang diterima dari Konsulat jenderal RI (KJRI) di Kuching, Malaysia, keberatan ini berisikan kesalahan-kesalahan yang dilakukan dalam persidangan di Mahkamah Tinggi Kuching yang menimbulkan keraguan pada kredibilitas dijatuhkannya hukuman mati.

Ekspedisi Mudik 2024

Pengacara Ranbir Singh Sangha, bahkan sempat mengajukan permohonan kepada panel hakim agar Edy diserahkan kepada KJRI Kuching untuk diurus pemulangannya ke Indonesia, mengingat saat ditangkap, Edy tidak memiliki identitas berupa paspor.

Namun panel hakim menolak mengeluarkan court order tersebut dan Edy akan dideportasi sesuai prosedur yang biasa dilakukan yaitu melalui Depot Imigresen.

Menurut keterangan KJRI Kuching, Edy yang dibebaskan dari Penjara Puncak Borneo akan dideportasi pada 4 Oktober 2012 melalui Bandara Internasional Kuching.

Kemlu via KJRI Kuching akan berkoordinasi dengan pihak Imigresen untuk mengurus pemulangan Edy dan mendampingi pemulangannya ke Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya