1 Warga Positif Corona, Salatiga Tetapkan Status Tanggap Darurat
Wali Kota Salatiga, Yuliyanto, memberikan keterangan kepada wartawan terkait adanya satu pasien positif Covid-19 di Rumah Dinas Wali Kota, Selasa (31/3/2020). (Solopos/Nadia Lutfiana Mawarni)

Solopos.com, SALATIGA – Seorang warga Kota Salatiga, Jawa Tengah, terkonfirmasi positif terpapar virus corona. Dengan adanya kasus positif ini, Pemerintah Kota Salatiga menetapkan status tanggap darurat.

Pasien positif corona di Salatiga diketahui berjenis kelamin laki-laki dan berprofesi sebagai dosen. Dia diketahui melakukan perjalanan ke Amerika Serika belum lama ini.

Saat ini, dia telah dirujuk ke RSUP dr Kariadi Semarang. Sebelumnya dia dirawat di RSP dr Ario Wirawan (RSPAW) Salatiga.

Dampak Tegal Lockdown Lokal: Pemotor Berjubel di Gang Sempit

Wali Kota Salatiga, Yulianto, mengatakan, pasien positif corona itu kembali dari Amerika Serikat pada 18 Maret 2020 dalam kondisi sehat. Dia pun melakukan karantina mandiri di rumah sambil berkonsultasi dengan dokter.

Beberapa hari kemudian pasien di Salatiga ini merasakan gejala mengarah padaa infeksi virus corona, seperti demam dan sesak napas. Dia lantas dirawat di RSPAW Salatiga dengan status pasien dalam pengawasan (PDP).

“Saat hasil laboratorium keluar, dia terindikasi positif corona,” terang Yuliyanto ketika ditemui wartawan di Rumah Dinas Wali Kota Salatiga, Selasa (31/3/2020).

Imbas Corona, Listrik Digratiskan Selama 3 Bulan, Simak Skemanya!

Contack Tracing

Saat ini, Pemkot bersama Dinas Kesehatan Kota (DKK) Salatiga melakukan contact tracing atau pelacakan terhadap orang yang sempat berkontak dengan pasien positif. Mereka diharapkan dapat melakukan karantina atau isolasi mandiri di rumah selama 14 hari.

Pemkot Salatiga juga menetapkan status tanggap darurat corona. Yuliyanto meminta seluruh jajaran forum komunikasi pimpinan daerah (forkopimda) menangkal persebaran Covid-19.

Minuman Dingin & Es Krim Bisa Picu Virus Corona? Cek Faktanya!

Tanggap Darurat Corona Salatiga

Status tanggap darurat ini juga menuntut pemangku wilayah seperti ketua RT, RW dan tokoh masyarakat merespons cepat setiap kondisi warga di lingkungannya.

“Peran masyarakat juga penting, kami berharap semua bahu membahu,” imbuh dia.

Corona Sukoharjo: Grogol Zona Merah, 3 Kecamatan Ini Masih Bersih dari PDP

Menyikapi kondisi tanggap darurat corona ini, Dinas Sosial (Dinsos) Salatiga akan memetakan dampak sosial dan ekonomi. Dinsos serta Dinas Koperasi dan UMKM bakal memberikan bantuan kepada warga yang melakukan karantina mandiri.

Sasarannya adalah warga miskin atau warga rentan miskin dengan pemberian bantuan sembako secara bertahap. Bantuan akan disalurkan lewat masing-masing lurah, Ketua RT dan Ketua RW di empat kecamatan di Salatiga.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya






Kolom

Langganan Konten

Pasang Baliho