Kategori: Sukoharjo

1 Tenaga Kesehatan Asal Grogol Sukoharjo Sembuh dari Covid-19


Solopos.com/R Bony Eko Wicaksono

Solopos.com, SUKOHARJO -- Seorang tenaga kesehatan (nakes) positif corona asal Desa Madegondo, Kecamatan Grogol, Sukoharjo, dinyatakan sembuh dari Covid-19. Ini merupakan kali pertama tenaga kesehatan yang terinfeksi virus corona di Sukoharjo dinyatakan sembuh.

Pasien itu diperbolehkan pulang ke rumah setelah hasil swab tes negatif sebanyak dua kali dan tak ada lagi keluhan klinis. Kini, tenaga kesehatan itu sudah diizinkan pulang ke rumah.

Gejala Baru Covid-19: Indra Penciuman dan Perasa Hilang, Pizza Serasa Kardus

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Sukoharjo, Yunia Wahdiyati, mengatakan dia dirawat lebih dari sepekan di RSUD dr Moewardi Solo. Tenaga kesehatan Sukoharjo itu dinyatakan sembuh setelah dua kali tes swab.

"Pasien itu telah menjalani swab test sebanyak dua kali. Hasilnya negatif dan tak ada lagi keluhan klinis. Jadi ada dua pasien sembuh dan telah pulang ke rumah," kata dia, Sabtu (25/4/2020) malam.

Sebaran Kasus Covid-19 Per Kelurahan di Solo: 17 Positif, Awas Transmisi Lokal

Kendati sembuh Covid-19, tenaga kesehatan Sukoharjo itu harus menjalani karantina mandiri di rumah selama 14 hari. Langkah ini bagian dari antisipasi pencegahan persebaran virus Covid-19.

Yunia menyinggung mengenai hasil rapid test alumni Ijtima Dunia Zona Asia di Gowa, Sulawesi Selatan. "Ada 16 alumni yang dinyatakan positif rapid test. Baru sebagian alumni yang menjalani rapid test. Sebagian alumni lainnya masih menunggu ketersediaan alat rapid test," ujar dia.

Jokowi Sebut Virus Corona Mati karena Panas Matahari, Ini Pendapat Dokter

Masih Harus Karantina

Sementara itu, Camat Grogol, Sukoharjo, Bagas Windaryatno, menyatakan tenaga kesehatan yang sembuh Covid-19 itu telah dijemput keluarganya. Setiba di rumah, pasien dan anggota keluarganya tetap menjalani karantina mandiri selama 14 hari.

Bagas meminta masyarakat menerapkan protokoler kesehatan untuk memutus mata rantai penularan Covid-19. "Suami dari nakes itu telah menjalani rapid test. Alhamdulillah, hasilnya negatif. Semoga pasien sembuh selalu bertambah," kata dia.

Sesak Napas & Kejang, Pemudik Grobogan Meninggal di Rumah Bidan

Selain tenaga kesehatan asal Madegondo, Grogol, yang sudah sembuh itu, masih ada tenaga kesehatan yang positif Covid-19 asal Mojolaban, Sukoharjo. Dia dan dua anggota keluarganya dijemput ke RSUD Ir Soekarno, Sukoharjo, awal pekan ini. Tim Dinas Kesehatan (Dinkes) Sukoharjo menjemput tiga warga Desa Cangkol, Mojolaban itu, Senin (20/4/2020).

Sebelumnya, satu pasien Covid-19 asal Desa Pucangan, Kartasura, juga dinyatakan sembuh pada beberapa hari lalu. Pasien itu merupakan bagian dari klaster Bogor. Sehingga jumlah total pasien sembuh sebanyak dua orang.

Share
Dipublikasikan oleh
Adib Muttaqin Asfar