SOLOPOS.COM - Menteri Agama Lukman Hakim Syaifuddin (mpr.go.id)

1 tahun Jokowi-JK memimpin Indonesia ditanggapi beragam oleh masyarakat. Masyarakat puas dengan kinerja Menteri Agama.

Solopos.com, JAKARTA —Satu tahun sudah, Joko Widodo (Jokowi)-Jusuf Kalla (JK) memimpin Indonesia. Bertepatan dengan satu tahun pemerintahan Jokowi dan JK, Selasa (20/10/2015), beberapa lembaga mengadakan survei terkait kepuasan masyarakat terhadap kinerja pemerintahan ini.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Survei nasional Poltracking Indonesia misalnya, menyebutkan hanya empat menteri di kabinet kerja Jokowi-JK yang diberi nilai puas oleh publik. Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin masuk dalam tiga besar jajaran menteri Kabinet Jokowi-JK dengan popularitas tertinggi.

Menag menduduki posisi ketiga (46,42%) sebagai menteri paling populer. Peringkat  teratas diperoleh Susi Pujiastuti (63,79%) dan  Anies Baswedan (49,47%). Sementara Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa menduduki peringkat keempat (46,11%).

Sejalan dengan popularitas tersebut, keempat menteri ini juga memperoleh penilaian tingkat kepuasan kinerja tertinggi dari publik. Secara berurutan, tingkat kepuasan publik kepada kinerja Menteri dari yang teratas adalah Susi Pujiastuti (55,68%), Anies Baswedan (44,53%), Lukman Hakim Saifudin (43,16%) dan Khofifah Indar Parawansa (40,74%).

“Keempat Menteri tersebut Susi, Anies, Lukman, dan Khofifah. Publik membaca presepsi, popularitas, dan kerjanya juga dianggap positif,” kata Direktur Eksekutif Poltracking Indonesia, Hanta Yuda, dalam Evaluasi Publik 1 Tahun Pemerintahan Jokowi-JK meneropong Kinerja Menteri Kabinet Kerja di Hotel Sofyan Betawi, Jakarta Pusat, Selasa (20/10/2015), seperti dilansir situs Kemenag.go.id, Selasa.

Selain itu, sambung Hanta, komunikasi politik para menteri tersebut juga dianggap cukup baik, sehingga publik merasa dekat dengan mereka. Sementara, untuk kinerja, harus menggunakan data kualitatif. Penilaian harus berdasarkan penilaian kinerja dari tim presiden

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya