Bangunan rusunawa di Kelurahan Nambangan Lor, Kecamatan Manguharjo, Kota Madiun, tampak dari luar, Sabtu (17/3/2018). (Abdul Jalil/JIBI/Madiunpos.com)

Solopos.com, MADIUN — Satu tower block rumah susun sederhana sewa (rusunawa) bakal dibangun lagi di Kota Madiun. Rencananya pembangunan rusunawa ini mulai dikerjakan pada 2020.

Lokasi rusunawa ini akan berada satu komplek dengan rusunawa yang telah dibangun yaitu di Kelurahan Nambangan Lor, Kecamatan Manguharjo.

Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kota Madiun, Soeko Dwi Handiarto, mengatakan Kota Madiun bakal punya dua rusunawa dengan rencana tersebut. Pemkot telah mengajukan permohonan ke pemerintah pusat untuk membangun rusunawa kedua setelah pembangunan rusunawa pertama rampung dan telah dihuni. Pengajuan ini masih menunggu proses verifikasi teknis dari pemerintah pusat.

“Kami sudah usulkan pembangunan rusunawa tahap kedua. Rencananya 2020 sudah mulai dibangun,” kata dia, Sabtu (23/11/2019).

Total, Pemkot mengusulkan ada tiga tower block rusunawa yang dibangun di kawasan Kelurahan Nambangan Lor. Namun, untuk sementara baru dua tower block yang akan dibangun.

Soeko menuturkan tower block yang akan dibangun lebih kecil karena hanya empat lantai. Susunawa pertama memiliki lima lantai.

“Kamarnya lebih sedikit dibandingkan rusunawa pertama. Kalau rusunawa pertama jumlah kamarnya ada 70. Itu sudah menjadi ketentuan pemerintah. Kita ikut saja,” ujarnya.

Rusunawa tersebut, kata dia, diperuntukkan khusus bagi masyarakat berpenghasilan rendah di Kota Madiun. Diutamakan lagi warga yang belum memiliki rumah pribadi.

Pada bagian lain, tahun depan akan ada dua kampung dua kelurahan yang akan dibuat menjadi kampung tematik. Kampung tersebut akan ditata sesuai tema yang diinginkan masyarakat. Dua kelurahan itu yakni Kelurahan Nambangam Lor dan Madiun Lor.

Penataan kampung tematik ini menjadi salah satu solusi untuk mengantisipasi supaya kampung tersebut tidak kumuh. “Di Kota Madiun itu tidak ada kawasan kumuh. Tapi, kami melakukan upaya pencegahan supaya kampung di Kota Madiun tidak menjadi kumuh,” jelasnya.
Pemkot Madiun, Rusunawa Kota Madiun,


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten