1 Rumah Rusak Terbawa Longsor di Magetan
Ilustrasi tanah longsor. (Solopos/Whisnupaksa Kridhangkara)

Solopos.com, MAGETAN -- Hujan deras yang mengguyur wilayah Magetan membuat kondisi tanah yang longsor di Jl Thamrin, Kelurahan/Kecamatan Magetan, semakin parah. Rumah dapur dan kamar mandi milik warga hancur dan terbawa longsor.

Kasi Kedaruratan dan Logistik BPBD Magetan, Ferry Yoga Saputra, mengatakan hujan deras yang mengguyur wilayah Magetan sejak Minggu (5/1/2020) malam membuat kondisi longsor di Jl. Thamrin semakin parah. Tanah longsor di Jl. Thamrin memang sudah terjadi sejak setahun lalu.

“Bahu jalan di Jl Thamrin memang sudah setahun lalu longsor. Tapi tidak kunjung diperbaiki. Dan saat ada hujan deras kemarin, jalan tersebut kembali mengalami longsor,” kata Ferry, Selasa (7/1/2020).

Tanah longsor menyebabkan rumah milik seorang warga bernama Hariyadi Suprabowo mengalami kerusakan cukup parah. Bagian dapur dan kamar mandi di rumah tersebut terbawa longsor dan masuk ke dalam Sungai Gandong yang ada di bawahnya. Tidak hanya itu, sebagian badan jalan juga ikut longsor.

Kondisi ini bisa lebih parah kalau tidak ada penanganan dari pemerintah setempat. Apalagi, hujan deras akhir-akhir ini sering terjadi.

Ferry menuturkan longsor susulan bisa terjadi kapan saja, terlebih saat hujan turun. Di lokasi longsor terdapat empat rumah warga yang berpotensi terkena longsor.

“Kami mengimbau kepada warga yang rumahnya dekat lokasi longsor untuk lebih waspada. Ketika terjadi hujan deras, warga yang tinggal di lokasi tersebut supaya mengungsi di rumah tetangga yang kondisinya lebih aman,” terangnya.

BPBD Magetan bersama TNI, Polri, dan OPD terkait berencana membuat posko bersama di lokasi longsor. Melalui posko tersebut diharapkan penanganan dan pelayanan lebih maksimal.

 


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya





Kolom

Langganan Konten

Pasang Baliho