Tutup Iklan
1 Perawat Positif Covid-19, Puskesmas di Boyolali Ini Ditutup Sehari
Ilustrasi penanganan virus corona (Covid-19). (Freepik.com)

Solopos.com, BOYOLALI -- Satu dari 13 kasus positif Covid-19 Boyolali yang terkonfirmasi pada Senin (3/7/2020) diketahui merupakan karyawan Puskesmas Simo. Terkait hal itu, Dinas Kesehatan Kabupaten Boyolali berencana menutup sementara puskesmas tersebut selama sehari.

Kasus dari Puskesmas Simo tersebut tercatat dengan 083 berinisial inisial AZ dari Desa Catur, Kecamatan Sambi. Pasien merupakan kontak erat dari pasien 065 berinisial NR. Saat ini Dinas Kesehatan Kabupaten Boyolali masih melacak kontak erat pasien tersebut.

Tambah 1 Kasus, Perempuan 63 Tahun Asal Joglo Solo Terkonfirmasi Positif Covid-19

"Kami sampaikan kepada masyarakat Simo, besok Selasa [14/7/2020], pelayanan di Puskesmas Simo untuk sementara kami tutup dulu. Dikarenakan ada kontak positif salah satu karyawan Puskesmas," kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Boyolali, Ratri S Survivalina, Senin.

Pada Selasa, seluruh ruang di Puskesmas Simo, Boyolali, akan didekontaminasi dan disinfeksi untuk memutus rantai penyebaran Covid-19. Pelayanan di Puskesmas tersebut akan dibuka lagi pada Rabu (15/7/2020).

Tambah 1, Pelaku Ditahan Terkait Meninggalnya Pesilat Remaja Gatak Sukoharjo Jadi 10 Orang

Ratri mengatakan tenaga medis di Puskesmas Simo itu merupakan kasus pertama terkonfirmasi positif virus corona dari kalangan tenaga kesehatan di Boyolali.

Kontak Erat

Diberitakan sebelumnya, jumlah kumulatif kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Boyolali tercatat mencapai 87 orang. Sebanyak 13 kasus di antaranya tercatat baru terkonfirmasi pada Senin (13/7/2020).

Gatak dan Tawangsari Sudah Kena, Tak Ada Lagi Kecamatan di Sukoharjo Yang Zero Covid-19

Kebanyakan kasus baru terkonfirmasi positif Covid-19 itu, termasuk tenaga medis di Puskesmas Simo, Boyolali, itu merupakan kontak erat pasien positif sebelumnya.

Sementara itu, berdasarkan data di website covid19.boyolali.go.id, Senin, dari 87 kasus positif Covid-19 di Boyolali, 31 di antaranya masih menjalani perawatan di rumah sakit. Sisanya sebanyak 53 orang dinyatakan sembuh dan tiga orang lainnya meninggal dunia.

Hasil Swab Orang Tua Negatif, Bayi 1 Tahun Positif Covid-19 Solo Tertular Dari Siapa?

Jumlah kumulatif pasien dalam pengawasan atau PDP tercatat sebanyak 321 orang dengan perincian 38 PDP masih proses pengawasan dan sisanya selesai pengawasan. Jumlah orang dalam pemantauan atau ODP totalnya 964.

Dari jumlah itu sebanyak 31 orang masih masa pemantauan. Sedangkan sisanya sebanyak 933 orang sudah selesai masa pemantauan.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya




Kolom

Pasang Baliho