1 Pendaki Dievakuasi Dari Gunung Lawu Karanganyar Karena Tak Sadarkan Diri
Relawan Cetho mengevakuasi pendaki asal Semarang, Jessica P., yang tidak sadarkan diri di Pos 4 pendakian Gunung Lawu, Karanganyar, Minggu (23/2/2020). (Istimewa/Relawan Cetho)

Solopos.com, KARANGANYAR -- Jessica P., pendaki asal Semarang, dievakuasi sukarelawan lantaran tak sadarkan diri saat mendaki Gunung Lawu, Karanganyar, Sabtu (22/2/2020) malam.

Jessica tak sadarkan diri lantaran penyakit maagnya kambuh ketika sudah sampai pos 4 pendakian.

Informasi yang didapatkan Solopos.com, Minggu (23/2/2020), dua rekan Jessica, Bagus Dian Rohmana dan M. Edo Rizkiawan, pada Sabtu pukul 20.30 WIB melaporkan rekan mereka tak sadarkan diri dan butuh pertolongan evakuasi.

Viral Pernyataan Perempuan Bisa Hamil karena Berenang, Ini Klarifikasi KPAI

Jessica membutuhkan penanganan medis. Laporan tersebut diterima Relawan Cetho (Reco) Karanganyar yang segera mengirimkan tim reaksi cepat (TRC).

Setelah mengecek keadaan Jessica, tim sukarelawan Reco melaporkannya ke pos induk pada pukul 20.50 WIB. Sekitar pukul 23.00 WIB, Reco mengirimkan personel tambahan sebanyak delapan orang untuk mengevakuasi Jessica.

Pada Minggu pukul 12.30 WIB, tim yang mengevakuasi Jessica tiba di posko induk dan segera membawa Jessica ke Puskesmas Ngargoyoso untuk mendapatkan penanganan medis lebih lanjut.

Bakal Jadi Barang Langka, Presiden Jokowi Punya Panther Keluaran 1996

Salah satu Relawan Cetho, Dewangga, mengatakan Jessica tak sadarkan diri di Pos 4 lantaran maag kronis. Pemicu maag bukan lantaran logistik yang dibawa tidak cukup melainkan lantaran kondisi tubuh pendaki tidak sehat saat itu.

“Itu bukan hipotermia, tetapi karena punya riwayat maag jadi kemungkinan saat itu memang kambuh. Kami juga lihat logistiknya komplet,” ucap dia ketika dihubungi Solopos.com, Minggu.

Tak Tahu Susur Sungai Sempor, Kepala SMPN 1 Turi Anggap Siswa Sudah Terbiasa

Dewangga menjelaskan proses evakuasi berjalan lancar dan kondisi Jessica sudah sadar sepenuhnya. Hingga berita ini ditulis, Jessica masih mendapatkan penanganan medis di Puskesmas Ngargoyoso.

Data yang diperoleh Solopos.com, Jessica mendaki gunung bersama 11 rekan lainnya dari Semarang, Rembang, Pati, dan Jakarta.

Rombongan tersebut memasuki pintu pendakian jalur Cetho pada Sabtu pukul 08.15 WIB.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya



Kolom

Langganan Konten

Pasang Baliho