1 Keluarga di Jember Positif Covid-19, Tetangga Ikut Tertular
Ilustrasi penanganan virus corona (Covid-19). (Freepik)

Solopos.com, JEMBER -- Satu keluarga yang terdiri atas ibu, bapak, dan anak di Desa Padomasan, Kabupaten Jember, Jawa Timur, terkonfirmasi positif terinfeksi coronavirus disease atau Covid-19. Mereka merupakan bagian dari klaster Jombang.

"Hari ini ada penambahan 7 warga Jember yang terkonfirmasi positif Covid-19, didominasi warga Desa Padomasan yang disebut klaster Kecamatan Jombang. Sehingga totalnya menjadi 55 orang," kata Juru bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Jember Gatot Triyono di Jember, Jumat (5/6/2020) malam.

Kumpulan Pesepeda di Depan Balai Kota Solo Dibubarkan

Kasus positif Covid-19 satu keluarga di Jember tersebut juga telah menyebar ke tetangga sekitar. Kasus ke-50 tercatat merupakan seorang pelajar berusia 12 tahun dan merupakan anak dari kasus pasien positif ke-30. Kemudian kasus ke-51 juga merupakan suami dari kasus ke-30.

Selanjutnya kasus ke-53 merupakan saudara dari kasus 30, serta kasus ke-52 merupakan tetangga dari kasus ke-30. Klaster Jombang merupakan kontak erat dengan pasien ke-30.

Istilah ODP-PDP Cuma di Indonesia, Tanda Kapasitas Tes Covid-19 Rendah

Begitulah sehingga satu keluarga, saudara hingga tetangga pasien ke-30 di Desa Padomasan, Kecamatan Jombang, Jember, positif Covid-19. Semua pasien positif tersebut menjalani perawatan di ruang isolasi rumah sakit.

"Untuk pasien ke-50 yang merupakan anak pasien ke-30 awalnya berstatus orang tanpa gejala (OTG), kemudian dijemput untuk isolasi di rumah sakit pada 29 Mei 2020 dengan hasil tes cepatnya reaktif dan dilakukan swab pada 2 Juni 2020 dan hasilnya positif," tuturnya.

Isu Dana Haji 2020 untuk Memperkuat Rupiah, Ini Bantahan BI

Tak cukup anggota keluarga yang positif Covid-19, sejumlah kontak erat mereka di Jombang, Jember, juga menjalani tes swab. Hasilnya, suami pasien ke-30, saudara, dan tetangganya yang pernah kontak erat, pada Jumat ini dinyatakan terkonfirmasi positif Covid-19.

Klaster Jombang

Berdasarkan data Gugus Tugas, pasien positif Covid-19 terbanyak berada di Kecamatan Jombang, yakni 11 orang. Kemudian di Kecamatan Kaliwates delapan orang, dan Kecamatan Jelbuk empat orang.

Aplikasi Injil Bahasa Minang Dihapus, Gubernur Sumbar Dinilai Tolak Kemajemukan

"Jumlah warga yang terkonfirmasi positif di Jember 55 orang yang terdiri dari sembilan pasien dinyatakan sembuh setelah dua kali hasil swabnya negatif, 43 pasien masih dirawat, dan tiga pasien meninggal dunia," katanya.

Selain satu keluarga positif Covid-19 dari klaster Jombang, jumlah pasien dalam pengawasan (PDP) di Jember juga masih tinggi. PDP tercatat sebanyak 184 orang dengan perincian 101 selesai dalam pengawasan, 33 orang dalam pengawasan, dan 34 orang meninggal dunia.

Masih Zona Merah, Pemkot Semarang Izinkan Salat Berjemaah di Masjid

Jumlah orang dalam pemantauan (ODP) sebanyak 1.282 orang. Perinciannya, 976 orang sudah selesai dipantau, 267 orang masih dipantau, dan 21 orang meninggal dunia.

Sumber: Antara


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya





Kolom

Langganan Konten

Pasang Baliho