SOLOPOS.COM - Sejumlah warga mengikuti program ‘1 Juz Gratis 2 Liter’ di musala SPBU Wates, Kulonprogo, Senin (13/6/2016). (Rima Sekarani I.N./JIBI/Harian Jogja)

1 juz 2 liter pertalite mulai diterapkan di Kulonprogo

Harianjogja.com KULONPROGO- Niat ibadah menjadi alasan utama sejumlah warga yang mendatangi SPBU Wates, Kulonprogo, untuk membaca satu juz Al-Quran pada Senin (13/6/2016) kemarin. Dua liter pertalite gratis yang kemudian didapat hanya dianggap sebagai bonus dari pahala mengaji.

Promosi Komeng The Phenomenon, Diserbu Jutaan Pemilih Anomali

Anang menjadi orang pertama yang datang di SPBU Wates untuk mengikuti program ‘1 Juz Gratis 2 Liter’ yang diadakan PT Pertamina sore itu. Sekitar pukul 15.30 WIB, dia merapat ke musala dan mendekati seorang petugas administrasi yang khusus melayani pelaksanaan program tersebut. Dia kemudian mendapatkan sebuah mushaf Al-Quran berisi ayat-ayat dalam juz ketiga setelah melakukan pendaftaran.

Ekspedisi Mudik 2024

Ayat demi ayat dilafalkan Anang dengan cukup fasih. Berkat alat pengeras suara yang disediakan panitia, setiap ayat yang dibaca pria bernama lengkap Anang Setya Utama itu juga bisa didengar oleh karyawan dan para konsumen yang berdatangan ke SPBU Wates.

Anang selesai mengaji sekitar satu jam kemudian. Dia segera menutup mushaf dan menyerahkannya kembali kepada petugas jaga. Sebuah kupon untuk mendapatkan dua liter pertalite lalu dia terima dengan senang hati.

Anang mengaku mengetahui informasi soal program khusus Ramadan itu dari teman-temannya. Menurutnya program ‘1 Juz Gratis 2 Liter’ itu bisa memfasilitasi masyarakat yang ingin menambah pahala di bulan puasa dengan mengaji Al-Quran.

Dia sendiri menargetkan bisa khatam Al-Quran pada akhir Ramadan nanti sehingga setidaknya harus menyempatkan diri untuk membaca satu juz per hari. “Saya pribadi tidak terlalu peduli dengan hadiahnya. Kalau kesempatan untuk membaca Al-Quran ini ternyata ada imbalan khususnya, itu terserah penyelenggara,” kata Anang.

Tidak lama setelah Anang pulang, giliran Shinta Oktarini yang menggunakan pengeras suara sembari menyelesaikan bacaan juz keempatnya. Warga desa Triharjo, Kecamatan Wates ini datang bersama adik perempuannya, Puji Handayani yang diminta membaca juz kelima. “Tahu dari teman lalu lihat spanduknya waktu beli bensin. Jadi hari ini terus ikut programnya,” ujar Shinta usai mengaji.

Tidak ada persiapan khusus yang dilakukan Shinta. Dia memang sudah biasa mengaji di rumah, terlebih saat Ramadan. Menurut dia, program ‘1 Juz Gratis 2 Liter’ bisa memotivasi masyarakat umum untuk membaca Al-Quran.

Namun, dia pun tidak mau disebut rela mengaji satu juz hanya demi BBM gratis. “Masalah hadiah itu belakangan karena yang penting kita niat mendekatkan diri kepada Allah,” ucap dia kemudian.

Pengelola SPBU Wates, Fitroh Nurwijoyo Legowo mengatakan, kegiatan membaca satu juz Al-Quran gratis dua liter pertalite dimulai sejak Minggu (12/6) kemarin hingga 30 Juni mendatang. Ada 25 kupon yang disediakan setiap hari dan bisa didapatkan mulai pukul 15.00 WIB hingga 17.00 WIB. “Hari pertama ada dua orang, hari ini [Senin] lima orang,” ungkap Fitroh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya