SOLOPOS.COM - Ilustrasi Railbus Batara Kresna

Ilustrasi Railbus Batara Kresna

SOLO—Pemerintah Kota (Pemkot) Solo memastikan Railbus Batara Kresna kembali beroperasi per 1 Januari 2013. Pengoperasian tersebut bakal diiringi perubahan jadwal kereta dan penempatan personel di sejumlah perlintasan kereta api (KA).

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Kepala Bidang Angkutan Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Solo, Sri Indarjo, mengatakan keputusan pengoperasian Railbus pada 1 Januari 2013 sudah melalui persetujuan bersama PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daops VI Jogjakarta.

Dalam kesepakatan tersebut, Indarjo menyebut ada sejumlah perubahan jadwal pemberangkatan KA. “Waktu melintas Railbus disesuaikan dengan jam buka pertokoan di sepanjang rel dalam kota, sekitar pukul 09.00 WIB. Sebelumnya kan terlalu pagi. Dengan jadwal baru, warga bisa berjalan-jalan dan belanja tanpa menunggu lama. Penumpang diharapkan bisa bertambah,” ujarnya saat ditemui di area car free day (CFD), Minggu (30/12/2012).

Perubahan jadwal melintas dalam kota ini pun membawa konsekuensi tersendiri. Menurut Indarjo, jadwal pemberhentian di Stasiun Sukoharjo terpaksa dicoret lantaran keterbatasan waktu operasional Railbus.

Dia menerangkan, operasionalisasi Railbus kemungkinan tidak boleh lebih dari tujuh jam per hari. “Rute berangkat mulai Stasiun Sukoharjo-Stasiun Kota-Stasiun Puwosari-Jogja. Sementara rute pulang hingga Solo saja, tidak berlanjut ke Sukoharjo karena keterbatasan waktu,” tuturnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya