SOLOPOS.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memimpin prosesi Kendi Nusantara atau penyatuan air dan tanah dari seluruh provinsi di Indonesia di kawasan Titik Nol Kilometer IKN Nusantara, Kalimantan Timur, Senin (14/3/2022) (Youtube Setpres)

Solopos.com, JAKARTA–Seorang gubernur dikabarkan pingsan seusai mengikuti prosesi Kendi Nusantara  yang dipimpin langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Kawasan Titik Nol Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Senin (14/3/2022). Gubernur yang pingsan tersebut adalah Gubernur Sulawesi Tengah (Sulteng), Rudy Mastura.

Kasetpres Heru Budi Hartono mengatakan sang gubernur mengikuti kegiatan dalam kondisi fisik yang kurang fit.  Namun, sambungnya, yang bersangkutan telah mendapatkan penanganan medis yang diperlukan.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Beliau agak kurang sehat, namun semangatnya luar biasa. Tidak pingsan hanya kecapaian. Dan sudah langsung ditangani dokter Kepresidenan dan ada ambulans juga,” katanya kepada Bisnis, Senin (14/3/2022).

Baca Juga: Penampakan Jokowi Berkemah di Titik Nol IKN Nusantara

Dalam prosesi Kendi Nusantara, setiap gubernur dari 34 provinsi menyerahkan air dan tanah untuk dikumpulkan dalam satu wadah. Prosesi tersebut menjadi simbol bahwa IKN merupakan milik seluruh masyarakat Indonesia. Selain itu, prosesi ini juga menjadi sebuah doa kepada Allah SWT agar proses pembangunan IKN Nusantara berjalan dengan lancar.

Sementara itu sejumlah kepala daerah batal menginap dan berkemah bersama Presiden Jokowi di Titik Nol Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Kepala Biro Administrasi Pimpinan Sekretariat Daerah Provinsi Kaltim, Syafranuddin, menyatakan Gubernur Kalimantan Timur Isran Noor menjadi satu-satunya kepala daerah yang ikut menginap bersama Presiden Jokowi.

“Benar hanya Gubernur Kaltim yang ikut kemah [menjadi] peserta,” ujarnya melalui pesan singkat, Senin (14/3/2022).

Baca Juga: Sampel Tanah, Air, dan Pohon 34 Provinsi Simbol Menyambut IKN Nusantara

Pria yang akrab disapa Ivan itu mengaku tidak mengetahui alasan perubahan rencana kemah dari lima gubernur menjadi hanya gubernur Kaltim. Selain Gubernur Kaltim, Ivan mengungkapkan kemah tersebut akan turut diikuti Kepala Badan Otorita IKN Bambang Susantono, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono dan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar.

Kemudian, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Suharso Monoarfa, dan Ketua MPR RI Bambang Soesatyo.

Menurut rencana, kegiatan berkemah atau menginap yang berlangsung di Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, tersebut diikuti oleh lima gubernur se-Kalimantan.

Baca Juga: Presiden Pimpin Ritual Kendi Nusantara Sambil Berkemah di IKN Nusantara

Sebelumnya, Presiden Jokowi melakukan ritual Kendi Nusantara pada Senin (14/3/2022) siang bersama 33 gubernur se-Indonesia. Para gubernur sendiri telah diinstruksikan oleh presiden untuk membawa air dan tanah dari masing-masing daerah asal yang akan disatukan dalam Kendi Nusantara dan disimpan di titik nol IKN Indonesia baru yang bernama Nusantara.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya