SOLOPOS.COM - TNI-Polri di Timika disiagakan jelang 1 Desember 2020 (Detik.com)

Solopos.com, TIMIKA — Jelang 1 Desember 2020 yang diklaim sekelompok orang di Papua sebagai hari TPN/OPM, pasukan TNI-Polri disiagakan di Timika. Apel pasukan ini juga digelar untuk pengamanan jelang Natal dan Tahun Baru 2021.

Yang di maksud TPN/OPM adalah Tentara Pembebasan Nasional Organisasi Papua Merdeka (TPN/OPM). Pada tahun sebelumnya, 1 Desember, sering dilakukan aksi-aksi pengibaran bendera Bintang Kejora.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kapolres Mimika AKBP I Gusti Gde Era Adhinata, Dandim 1710 Mimika, dan para komandan kesatuan TNI se-Garnisun Mimika ikut dalam apel yang digelar di Lapangan Mapolres 32, Timika, Senin (30/11/2020).

3 Kendaraan Kecelakaan di Tol Cipali, 10 Orang Meninggal

Apel ini diikuti sedikitnya 500 personel gabungan TNI-Polri, Satuan Tugas Pengamanan Daerah Rawan (Satgas Pamrahwan), dan Satgas Amole.

“Dalam rangka mengantisipasi gangguan keamanan pada 1 Desember kita juga laksanakan apel ini. Juga Operasi Amole dan Pamrahwan kita sudah siap antisipasi terutama situasi Tembagapura,” kata AKBP Era usai memimpin apel di Mapolres 32.

Mengenai status keamanan, Era menambahkan di Timika statusnya tidak Siaga 1. Namun ada peningkatan patroli dan razia yang dilakukan Senin malam.

“Siaga 1 tidak ya, tapi ada peningkatan patroli dan dilakukan gabungan,” tambahnya seperti dilansir dari Detik.com.

TKW Indonesia Ditemukan Tewas di Dalam Koper di Mekkah

Sedikitnya ada 500 personel TNI-Polri yang ikut dalam apel gabungan di Timika. (Detik.com)

Sementara itu, Letkol Inf Yoga Cahya Prasetya mengatakan pihaknya mengaku telah menyiapkan pasukan untuk pengamanan guna membantu Polri menjaga ketertiban dan pengamanan di Timika.

“Kami mem-back up penuh polisi guna menciptakan keamanan di Timika,” kata Yoga.

Polres Karanganyar Bongkar 6 Kasus Perjudian, 13 Pelaku Ditangkap

TNI dan Polri berharap, memasuki bulan kasih ini, masyarakat di Mimika bisa menjalankan aktivitas dan ibadah dengan khusyuk dan dalam situasi yang aman.

Aparat meningkatkan keamanan menjelang 1 Desember yang diklaim sebagai hari TPN/OPM. Pada 1 Desember tahun sebelumnya, sering dilakukan aksi-aksi pengibaran bendera Bintang Kejora.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya