BPS Sragen Terjunkan 1.578 Petugas Sensus untuk Regsosek 2022

BPS Sragen akan mulai melakukan pendataan awal Registrasi Sosial Ekonomi (Regsosek) 2022 per 15 Oktober 2022 mendatang hingga sebulan ke depan.

 Kepala BPS Sragen Cahyo Kristiono memberi penjelasan tentang Regsosek 2022 kepada wartawan di sela-sela Rakor Pendataan Awal Regsosek 2022 di Hotel Front One Sragen, Rabu (21/9/2022). (Solopos.com/Tri Rahayu)

SOLOPOS.COM - Kepala BPS Sragen Cahyo Kristiono memberi penjelasan tentang Regsosek 2022 kepada wartawan di sela-sela Rakor Pendataan Awal Regsosek 2022 di Hotel Front One Sragen, Rabu (21/9/2022). (Solopos.com/Tri Rahayu)

Solopos.com, SRAGEN — Badan Pusat Statistik (BPS) Sragen segera menerjunkan 1.578 petugas untuk pendataan awal Registrasi Sosial Ekonomi (Regsosek) 2022 yang akan berlangsung selama sebulan mulai 15 Oktober-14 November 2022. Sensus tersebut akan menghasilkan basis data kependudukan yang memuat tentang profil penduduk.

Untuk mendukung Regsosek 2022 itu, BPS Sragen melakukan Rapat Koordinasi Pendataan Awal Regsosek di Hotel Front One Sragen, Rabu (21/9/2022). Rakor yang dibuka Bupati Sragen Kusdinar Untung Yuni Sukowati itu dihadiri seluruh pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD) Pemkab Sragen, 20 camat, dan pimpinan lembaga vertikal serta media massa.

PromosiNimo Highland, Wisata Hits di Bandung yang Mirip Santorini Yunani

Kepala BPS Sragen, Cahyo Kristiono, menyampaikan Regsosek 2022 sudah sampai pada tahap perekrutan petugas sensus. Kebutuhan 1.578 petugas sensus sudah terpenuhi.

“Pembagian petugas per kecamatan dilakukan secara proporsional. Kecamatan dengan jumlah penduduk banyak maka petugas yang diterjunkan juga banyak. Rasionya satu petugas bisa mencacah 250 keluarga. Ya, semua penduduk di Sragen di data semua yang jumlahnya hampir 1 juta jiwa,” ujarnya.

Baca Juga: Mengenal Museum Purba Miri, Museum Daerah Pertama Pemkab Sragen

Hasil sensus Regsosek ini nantinya berupa basis data yang memuat profil kependudukan, seperti kondisi rumah tangga, tingkat kesejahteraan masyarakat termasuk aset-aset di dalamnya. Dia mengatakan pendataan di Regsosek ini menyasar semua penduduk.

“Keuntungannya banyak sekali karena hasilnya basis data kependudukan. Hasil Regsosek ini bisa menjadi acuan berbagai macam program pemerintah dan bisa menjadi pertimbangan dalam pengambilan kebijakan menuju Satu Data Indonesia (SDI),” kata Cahyo.

Bupati Sragen, Kusdinar Untung Yuni Sukowati, menerangkan manfaat hasil sensus Regsosek bagi Pemkab Sragen cukup banyak. Dia berharap sensus yang dilakukan BPS ini lebih akurat daripada sensus sosial ekonomi (Susenas) karena pendataannya dilakukan secara door to door. Dia mengatakan sasarannya semua penduduk tanpa terkecuali didata, termasuk TNI dan Polri.

“Kami akan bisa mendapatkan gambaran riil masyarakat. Soalnya, saya masih menerima aduan warga yang merasa tidak mendapat bantuan sosial dari berbagi program jaminan sosial yang ada. Saya kira dalam waktu sebulan dengan petugas yang banyak bisa tuntas,” kata Yuni.

Baca Juga: BPS Sragen Buka 1.538 Lowongan Petugas Pendataan Regsosek, Ini Cara Daftarnya

Ia meminta para camat dan kepala desa untuk ikut mendampingi petugas selama proses sensus. Dengan pendampingan kecamatan dan desa, Yuni berharap masyarakat bisa memberikan data yang sebenar-benarnya sehingga tidak terjadi deviasi dalam pendataan.

Daftar dan berlangganan Espos Plus sekarang. Cukup dengan Rp99.000/tahun, Anda bisa menikmati berita yang lebih mendalam dan bebas dari iklan dan berkesempatan mendapatkan hadiah utama mobil Daihatsu Rocky, sepeda motor NMax, dan hadiah menarik lainnya. Daftar Espos Plus di sini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Solopos.com - Panduan Informasi dan Inspirasi

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Espos Plus

      Gas Air Mata Penyebab Asfiksia, Mati Lemas Kurang Oksigen di Tragedi Kanjuruhan

      Gas Air Mata Penyebab Asfiksia, Mati Lemas Kurang Oksigen di Tragedi Kanjuruhan

      Gas air mata hingga mengakibatkan penghirupnya mengalami asfiksia diduga menjadi penyebab utama jatuhnya ratusan korban jiwa pada tragedi di Stadion Kanjuruhan, Sabtu (1/10/2022) malam.

      Berita Terkini

      Tekan Inflasi, Klaten Galakkan Tanam Sejuta Pohon Cabai

      Pemkab Klaten menggalakkan menanam sejuta pohon cabai sebagai upaya menekan inflasi.

      Berlokasi di Perbatasan Sukoharjo-Karanganyar, Pasar Sedayu Milik Sukoharjo

      Pasar Sedayu terdapat 34 pedagang kios dan 132 pedagang los yang mayoritas menjajakan busana, bahan makanan berupa sayuran, makanan ringan, dan kebutuhan pokok, serta hewan ternak.

      Kepiting Jadi Program Andalan Puskesmas Juwangi Boyolali Tekan Angka Stunting

      Program Kepiting bertujuan memantau dan mengendalikan angka stunting di Kecamatan Juwangi.

      Kabel PT Telkom Senilai Puluhan Juta Rupiah Dicuri, Begini Cara Pelaku Beraksi

      Sindikat pencuri kabel Telkom membawa beragam peralatan seperti linggis, kapak, pasak hingga balok kayu untuk mempermudah mengangkat gulungan kabel.

      HUT Ke-77 TNI, Kodim 0726/Sukoharjo Undang Tukang Becak Makan Bersama

      Dalam rangka memperingati HUT ke-77 TNI, Kodim 0726/Sukoharjo mengundang tukang becak, pemulung, penyapu jalanan, dan petugas kebersihan makan bersama.

      Prakiraan Cuaca Boyolali Hari Ini: Berawan lalu Gerimis saat Sore

      Prakiraan cuaca Boyolali hari ini, Rabu (5/10/2022), diprediksi berawan saat pagi hingga siang kemudian hujan dengan intensitas ringan saat sore.

      Prakiraan Cuaca Sukoharjo Hari Ini: Aman! Berawan Pagi hingga Malam

      Prakiraan cuaca Sukoharjo hari ini, Rabu (5/10/2022) diprediksi berawan sepanjang hari menurut BMKG.

      Prakiraan Cuaca Sragen Hari Ini 5 Oktober 2022, Lebih Bersahabat

      Informasi mengenai prakiraan cuaca Sragen hari ini, Rabu (5/10/2022), bisa Anda baca pada artikel ini.

      Prakiraan Cuaca Karanganyar Hari Ini 5 Oktober 2022, Dominan Berawan

      Info lengkap prakiraan cuaca Karanganyar hari ini, Rabu (5/10/2022), bisa Anda simak di sini.

      Prakiraan Cuaca Solo Rabu 5 Oktober: Berawan Sepanjang Hari dan Tidak Hujan

      Prakiraan cuaca Kota Solo pada Rabu (5/10/2022) ini menurut prakiraan cuaca dari BMKG akan berawan sepanjang dan tidak ada potensi hujan.

      Prakiraan Cuaca Klaten Hari Rabu Ini: Berawan Sepanjang Hari

      Prakiraan cuaca Klaten hari ini Rabu 5 Oktober 2022 tersaji dalam artikel ini secara lengkap.

      Prakiraan Cuaca Wonogiri Hari Rabu Ini: Berawan Pagi-Malam

      Prakiraan cuaca Wonogiri hari ini Rabu 5 Oktober 2022 tersaji dalam artikel ini secara lengkap.

      Los Dol hingga Medot Janji, Denny Caknan Hibur 3.000 Penonton di Sekaten Solo

      Penyanyi asal Ngawi, Denny Caknan, sukses menghibur ribuan penonton lewat lagu-lagu andalannya di panggung hiburan Sekaten di Alkid Keraton Solo, Selasa (4/10/2022) malam.

      4 Oknum TNI-Polri Tertangkap Curi Kabel Telkom di Solo, Warganet: Ngisin-isini!

      Warganet dibuat geram dengan ulah empat anggota TNI-Polri yang terlibat komplotan tukang curi kabel Telkom di Solo.

      Jelang Muktamar Muhammadiyah di Solo, Pimpinan-Dosen UMS Dilarang Keluar Kota

      Rektor UMS Sofyan Anif melarang civitas akademika UMS khususnya pimpinan dan dosen untuk keluar kota menjelang pelaksanaan Muktamar ke-48 Muhammadiyah dan Aisyiyah.