Sukarelawan lintas lembaga menanam pohon di sejumlah lokasi mulai dari hutan rakyat, jalan tembus Selogiri-Manyaran hingga sumber-sumber air di Kecamatan Selogiri, Wonogiri, Sabtu (25/1/2020).

Solopos.com, WONOGIRI – Sekitar 1.500 batang pohon ditanam di Kecamatan Selogiri, Wonogiri, Jawa Tengah. Penanaman pohon dilakukan dari hutan rakyat, jalan tembus Selogiri-Manyaran, hingga sejumlah sumber mata air.

Penanaman pohon itu dilakukan guna menjaga keseimbangan dan kelestarian alam. Aksi peduli lingkungan tersebut digelar oleh Forum Sukarelawan Kecamatan Selogiri.

“Jumlah keseluruhan sekitar 1.500 batang. Kegiatan penanaman pohon ini berfungsi ekologis guna upaya menjaga keseimbangan dan kelestarian alam,” kata Kepala Pelaksana Harian BPBD Wonogiri, Bambang Haryanto, kepada Solopos.com, Sabtu (25/1/2020).

Adapun lokasi penanaman pohon diarahkan di Desa Jendi, Desa Kepatihan khususnya rute jalan tembus Selogiri-Manyaran, dan sumber mata air. Penanaman pohon juga melibatkan sukarelawan Desa Tangguh Bencana (Destana), sukarelawan Forum Pengurangan Risiko Bencana (FPRB) hingga TNI, Polri, Perhutani, dan Kelompok Tani.

Pohon-pohon yang ditanam itu meliputi beringin, trembesi, akar wangi, dan sejumlah tanaman buah. Bibit pohon berasal dari bantuan kebun bibit Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Wonogiri, swadaya bibit sukarelawan setempat, hingga bantuan bibit dari donatur.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten