SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Yogyakarta–Sebanyak 1.300 personel keamanan dari berbagai unsur mulai mengikuti gelar pasukan keamanan menjelang Muktamar Satu Abad Muhammadiyah yang digelar di Stadion Mandala Krida, Yogyakarta, Selasa (29/6).

Unsur keamanan mengikuti gelar pasukan dan akan terlibat secara aktif untuk mengamankan, serta menjamin kelancaran pelaksanaan Muktamar Satu Abad Muhammadiyah tersebut adalah kepolisian, TNI, Komando Keamanan (okam) Muhammadiyah, dan anggota Perguruan Tapak Suci.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Muktamar Muhammadiyah ini adalah kegiatan berskala nasional yang akan dihadiri oleh ratusan ribu orang, sehingga akan terjadi sejumlah kerawanan yang patut diantisipasi demi kelancaran pelaksanaan acara,” kata Kepala Kepolisian Daerah Istimewa Yogyakarta Brigadir Jenderal  Sunaryono usai menjadi inspektur upacara gelar pasukan tersebut.

Ekspedisi Mudik 2024

Menurut dia, aktivitas peserta dan penggembira muktamar tersebut akan berlangsung sejak 1 Juli dan berakhir pada 9 Juli meski Muktamar Satu Abad Muhammadiyah berlangsung pada 3-8 Juli. Selama 1-9 Juli, pihak kepolisian akan melakukan operasi pengamanan mandiri kewilayahan.

Aktivitas peserta dan penggembira muktamar, lanjut dia, akan terpusat di Kota Yogyakarta, Kabupaten Sleman dan Kabupaten Bantul, bahkan tidak menutup kemungkinan sampai di Kabupaten Gunungkidul dan Kabupaten Kulonprogo.

Berbagai jenis kerawanan yang mungkin akan terjadi pada saat muktamar adalah kemacetan lalu lintas dan tindak kriminalitas seperti pencurian dan penganiayaan.

“Untuk kemacetan lalu lintas, kemungkinan besar tidak dapat terhindarkan, tetapi kami akan berusaha untuk mengatur lalu lintas sehingga dapat bergerak lancar,” katanya.

ant/rif

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya