SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Jeddah–Sebanyak 1.119 jemaah haji yang diberangkatkan oleh penyelenggara ibadah haji khusus (PIHK) telah bertolak ke Tanah Air, Jumat (19/11) dan pemulangannya lebih awal satu hari dari jemaah haji reguler.

Pada hari pertama, tercatat sembilan PIHK yang melakukan pemulangan. Mereka adalah Tazkia (87 orang), Farfaza Astatama (116 orang), Al Amin (344 orang), Maktour (49 orang) dan Makassar Mandiri (107 orang). Kemudian Menan Express (183 orang), Duta Faras Tour & Travel (45 orang), Megah Buana Laena (67 orang), dan Nekoi (121 orang).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Alhamdulillah semua berjalan lancar,” kata Kepala Seksi Pengawasan Penyelenggara Haji Ibadah Khusus (PIHK) Ahmad Basani, Sabtu (20/11).

Ekspedisi Mudik 2024

Berbeda dengan masa kedatangan, pemulangan jemaah khusus tak hanya melalui Terminal Haji Bandara King Abdul Azis Jeddah. Pemulangan direncanakan akan berakhir pada 5 Desember mendatang. Usai menjalankan rukun dan wajib haji, sebagian PIHK menyediakan layanan tambahan bagi jemaah haji khusus seperti berziarah ke Madinah dan Jeddah.

Pada tahun ini, jemaah haji khusus mencapai 23.317 orang. Sama seperti pemberangkatan, jemaah haji khusus ini diangkut sejumlah maskapai lokal maupun maskapai asing.

“Jumlah PIHK yang memberangkatkan jemaah tahun ini sekitar 140,” kata Kasubdit Penyuluhan Haji Kementerian Agama (Kemenag) ini.

ant/nad

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya