SOLOPOS.COM - Pemilik usaha ternak sapi Berkah Linangkung, Wisnu Tri Pranoto, mengurus sapi yang diternak di kandang dekat rumahnya, Nglogung, Kerjo Lor, Ngadirojo, Wonogiri, Kamis (30/1/2020). (Istimewa/Noto)

Solopos.com, WONOGIRI — Objek asuransi usaha ternak sapi (AUTS) betina di Kabupaten Wonogiri setelah bergulir tiga tahun meningkat menjadi 1.056 ekor pada 2019. Pada tahun pertama, program bergulir objek asuransi hanya 200-an ekor.

Kepala Dinas Kelautan Perikanan dan Peternakan (Dislapernak) Wonogiri, Sutadi, kepada , Kamis (30/1/2020), menyampaikan data itu menunjukkan makin banyak peternak mengasuransikan sapi betina.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Bansos Sembako Naik Jadi Rp150.000/Bulan, Wonogiri Siapkan Potensi Lokal

Hal tersebut tak terlepas dari bantuan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wonogiri yang menyubsidi premi senilai Rp160.000/ekor/tahun. Alhasil, peternak hanya perlu membayar premi Rp40.000/ekor/tahun.

Untuk diketahui, premi AUTS yang dikelola Asuransi PT Jasa Indonesia (Jasindo) senilai Rp200.000/ekor/tahun.

“Pada 2019 premi AUTS mencapai Rp42,24 juta. Nilai premi ini tertinggi kedua di lingkup se-Jawa Tengah,” kata Sutardi.

Terkait Virus Corona, Disnaker Pastikan Tak Ada TKI Asal Wonogiri di China

Dia melanjutkan peternak sangat diuntungkan jika mengasuransikan sapi. Sebab, nilai klaimnya tinggi. Jika sapi mati, Jasindo akan memberi klaim senilai Rp10 juta. Informasi yang dihimpun dari peternak, harga beli bibit sapi standar lebih kurang Rp10 juta.

Dari total premi yang disetorkan selama tiga tahun senilai Rp88,08 juta, peternak sudah mendapatkan total klaim senilai Rp394,95 juta atau jauh lebih tinggi dari premi yang disetorkan.

Mengintip Keindahan Wisata Puncak Pugu dan Air Terjun Njero Basu Wonogiri

Premi yang disubsidi khusus untuk sapi betina. Asuransi sapi jantan preminya tetap penuh ditanggung peternak.

Sutardi mencatat hingga 2019 populasi sapi potong di Kota Sukses sebanyak 160.410 ekor. Jumlah itu terbanyak ketiga se-Jateng setelah Blora dan Rembang.

Grasstrack Dongkrak Pengunjung Objek Wisata Edu Park Dam Gajah Wonogiri

Pemilik usaha ternak sapi Berkah Linangkung, Nglogung, Kerjo Lor, Ngadirojo, Wonogiri, Wisnu Tri Pranoto, 38, menaku mengasuransikan dua ekor sapi betina miliknya dan bapaknya pada Desember 2019 lalu.

“Saya 100 persen mendukung program ini supaya peternak bergairah dalam menjalankan usaha pengembangbiakan sapi melalui sapi betina,” kata Noto.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya