Kategori: Klaten

1.000 Warga Miskin Bakal Terima Bantuan Agrobisnis


Solopos.com/ Moh Khodiq Duhri/JIBI/SOLOPOS
Ilustrasi (Agoes Rudianto/JIBI/SOLOPOS)

KLATEN--Sebanyak 1.000 warga miskin di 26 kecamatan di Kabupaten Klaten bakal menerima bantuan modal usaha untuk pengembangan agrobisnis.

Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat (Bapermas) Klaten, Kusno Gunarto, mengatakan bantuan modal untuk pengembangan agrobisnis itu berasal dari APBD Klaten 2012.

Total bantuan yang akan diberikan kepada 1.000 warga miskin tersebut senilai Rp1,5 miliar. Masing-masing warga miskin akan mendapatkan bantuan senilai sekitar Rp1,5 juta.

“Bantuan itu akan diwujudkan dalam bentuk ternak itik. Warga bisa merawat itik itu. Itik itu bisa bertelur setiap hari. Telur itu bisa dijual atau dijadikan lauk pauk sendiri,” ujar Kusno kepada Solopos.com, Jumat (26/10).

Kusno menjelaskan 1.000 warga miskin yang bakal menerima bantuan itu berasal dari database yang dikeluarkan Badan Pusat Statistik (BPS) Klaten. Sebelum diusulkan mendapatkan bantuan, data warga miskin dari BPS itu akan diseleksi masing-masing kepala desa (kades). Hingga kini, rencana pemberian bantuan itu belum disosialisaikan kepada warga maupun kalangan kades.

Sementara itu, Kepala Desa Tlobong, Kecamatan Delanggu, Atok Susanto, mengatakan hingga kini belum mendengar rencana pemberian bantuan modal usaha kepada 1.000 warga miskin di Klaten tersebut. Menurutnya, sejauh ini belum ada sosialisasi dari Bapermas perihal rencana pemberian bantuan itu.

“Kalau memang ada kami mendukung. Bantuan itu akan meringankan beban hidup warga miskin,” ujar Atok.

Share
Dipublikasikan oleh
Tutut Indrawati