SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

SLEMAN—Enam ruas jalan di wilayah Desa Candibinangun, Pakem yang semula rusak dan berlubang kini telah mulus.  Dana yang digunakan untuk pembangunan jalan itu sebagian besar juga dari hasil swadaya.

Kades Candibinangun Sismantoro menjelaskan, pembangunan jalan menghabiskan dana Rp 721,8 juta. Total swadaya masyarakat mencapai Rp 561,8 juta.

Promosi Ijazah Tak Laku, Sarjana Setengah Mati Mencari Kerja

“Sedangkan bantuan dari Pemkab Sleman Rp 160 juta dan 139 drum aspal,” jelasnya.

Pembangunan jalan di enam dusun itu meliputi jalan Bulus-Tempel sepanjang 3 x 1400 meter, Ketulan sepanjang 3 x 1000 meter, Bulus Lor sepanjang 3 x 850 meter, Samberembe sepanjang 3 x 1900 meter, Pelem sepanjang 3 x 1700 meter, dan Kemput sepanjang 3 x 1000 meter.

Sismantoro menambahkan, kesadaran warga untuk mengumpulkan dana secara swadaya karena sudah lama mengidamkan jalan beraspal yang mulus. Setelah dana terkumpul dan ditambah bantuan dari pemkab, warga pun sepakat bergotong-royong siang malam.

“Bahkan di Dusun Pelem, ada dua warga yakni Tugiman dan keluarga besar To Pawiro merelakan tanah pribadi untuk pembangunan jalan,” bangganya. (HARIAN JOGJA/Dinda Leo Listy)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya