SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

JOGJA —Pemantauan tumbuh kembang anak dan balita di wilayah Kecamatan Kraton salah satunya lewat kegiatan Lomba Bayi Sehat Indonesia (LBSI). Kegiatan tersebut digelar di Puskesmas setempat,hari ini.

Kepala Puskesmas Kraton Sukamtoro mengatakan, LBSI yang dilakukan secara berkesinambungan menjadi salah satu program untuk mengevaluasi keberhasilan pembinaan layanan kesehatan di masyarakat.

Promosi Semarang (Kaline) Banjir, Saat Alam Mulai Bosan Bersahabat

“Pembinaan, penyuluhan, pendampingan terhadap bayi hingga anak dilakukan sejak ibu merencanakan kehamilan, masa kehamilan, dan pasca kelahiran,” ujar Sukamtoro disela acara.

Ketua Panitia LBSI Kecamatan Kraton Sri Herawati menjelaskan, kegiatan merupakan salah satu program dari Dinas Kesehatan Pemkot Jogja yang diselenggarakan ditiap Puskesmas wilayah. Adapun penilaian kategori bayi dan balita sehat ditentukan dari beberapa kriteria dengan fokus penilaian pada kualitas tumbuh kembang anak.
 
“Perkembangan dan pertumbuhan salah satunya dilihat dari data Kartu Menuju Sehat (KMS) yang mencatat kualitas anak lewat pemenuhan gizi, pertumbuhan gigi, penalaran, dan lain-lain,” jelasnya.

LBSI diselenggarakan dalam dua kategoro untuk usia bayi 6-23 bulan dan balita 24-59 bulan dengan peserta 76 bayi dan balita sehat yang tersaring dari kurang lebih 1100 balita dan anak-anak di wilayah Kecamatan Kraton.

Program juga didukung oleh Kecamatan Kraton dengan harapan kegiatan bisa merangsang masyarakat untuk membina dan mengkondisikan kesehatan anak sejak dini. (Harian Jogja/Pamuji Tri Nastiti)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya