SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

JOGJA—Kecamatan Danurejan, Jogja mulai bersiaga terhadap kemungkinan banjir lahar dingin Kali Code jelang musim hujan yang diprediksikan segera datang.

Sekretaris Camat Danurejan, Rajwan Taufiq kepada Harian Jogja Minggu (23/10) mengatakan, untuk menyiagakan warga pemerintah kecamatan telah mengirim surat lewat kelurahan RW, hingga RT agar berhati-hati terhadap bahaya banjir lahar dingin. Peringatan tersebut khususnya ditujukan kepada warga di sembilan RW di Kelurahan Suryatmajan serta warga di lima RW di Kelurahan Tegal Panggung. Ke dua keluarahan tersebut menurutnya paling rawan banjir lahar lantaran berbatasan langsung dengan Sungai Code. “Surat peringatan itu untuk mengingatkan warga agar berhati-hati terhadap bajir Kali Code,” terangnya.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Penggunaaan handy talky (HT) untuk alat komunikasi juga diefektifkan. Khususnya yang dipegang petugas-petugas tingkat RW. Alat komunikasi tersebut sangat vital untuk memberitahukan perkembangan kondisi hujan di daerah hulu atau debit air sungai. Selain itu, langkah yang dilakukan adalah mengaktifkan ronda kampung. “Jadi ronda kampung itu tidak hanya untuk keamanan tapi juga untuk memantau perkembangan sungai,” tuturnya.

Sebagai antisipasi melubernya lahar dingin, pada musim kemarau beberapa waktu terakhir, kondisi talud di sepanjang Code di wilayah Danurejan mulai dari jembatan Kewek hingga Juminahan telah ditinggikan hingga 1,5 meter. Talud setinggi itu diyakini cukup membendung material Merapi masuk ke rumah warga. “Talud sudah di tinggikan, tapi di amsing-masing wilayah tetap ada petugas keamanan yang memantau kondisi sungai, di masing-masing wilayah kan ada seksi yang bertugas untuk itu,” lanjut Rajwan.

Tak hanya itu sisten Early Warning System (EWS) atau peringatan dini juga sangat dibutukan untuk mengantisipasi bencana. EWS yang menggunakan pengeras suara tersebut dipasang di lokasi rawan banjir dan terhubung langsung ke Pemerintah Kota. Warga dapat siaga bila mendengar peringatan tersebut. Termasuk kesiapan evakuasi di tempat-tempat yang telah ditentukan.(Harian Jogja/Bhekti Suryani)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya