SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

SLEMAN—Paguyuban Dukuh Sleman Cokro Pamungkas tanggapi enteng soal usulan pemilihan Gubernur DIY bukan lewat penetapan. Ketua Cokro Pamungkas, Sukirman mengatakan jika itu merupakan hak pribadi dan minoritas.

“Terlebih kebanyakan yang ngomong kan mahasiswa, bukan rakyat Jogja. Kalau rakyat Jogja yang mayoritas sudah dipastikan akan mendukung penetapan Sri Sultan sebagai Gubernur DIY,” tandas Sukirman di Balai Desa Sukoharjo, Rabu (9/11).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Sukirman melanjutkan, sebenarnya rakyat DIY telah sepakat untuk mengadakan sidang rakyat pada tahun 2011 ini, jika RUUK tidak segera tuntas. Namun, karena Sri Sultan menerima perpanjangan hingga satu tahun maka keinginan ini tidak dilaksanakan.

“Jika lewat satu tahun itu kami akan ambil sikap untuk sidang rakyat dan pengukuhan Sri Sultan sebagai Gubernur. Karena ini adalah cita-cita rakyat DIY. Sejujurnya keinginan untuk mengadakan sidang rakyat ini sudah ada diubun-ubun kami dan siap meledak,” kata Sukirman.

Sukirman berharap, DPRD DIY bisa mendukung legalitas yang diperjuangkan masyarakat DIY ini. Sebab DPRD DIY juga telah mengadakan sidang paripurna yang isinya mendukung Sri Sultan ditetapkan sebaga Gubernur DIY bukan dipilih. “Kalau ada yang membelok ya itu berarti menjilat ludah sendiri,” ujarnya. (HARIAN JOGJA/Joko Nugroho)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya