SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, SOLO — SMP Muhammadiyah Program Khusus (PK) Kota Barat sukses menempati peringkat pertama Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) untuk sekolah negeri dan swasta di Kota Solo. Nilai yang diperoleh para siswa SMP Muhammadiyah Kota Barat rata-rata mencapai 363,70 dari total nilai 4 mata pelajaran, atau rata-rata 90,93 tiap mata pelajaran (mapel).  Salah seorang siswa membeberkan kunci sukses raihan itu.

Salah satu siswa SMP Muhammadiyah PK Kota Barat, Muchammad Ichwanurrafi memiliki total nilai 396, atau rata-rata nilai 99 dari empat mapel UNBK. Ichwan sama sekali tidak menyangka mendapatkan nilai tersebut.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Saya tidak menyangka soal UNBK yang memiliki Higher Order Thinking Skills [HOTS] bisa saya selesaikan. Saya berterima kasih pihak sekolah sudah membimbing saya untuk meraih prestasi yang saya impikan,” ujarnya.

Ekspedisi Mudik 2024

Ia menjelaskan harus membaca soal-soal UNBK minimal empat kali agar memahami soal-soal tersebut. Menurut dia, membaca berulang kali dapat menentukan jawaban-jawaban yang harus diisi di setiap soal. “Membaca itu saya lakukan untuk semua mata pelajaran yang diujikan,” papar dia. 

Tiga Tahun

Kepala SMP Muhammadiyah PK Kota Barat, Muhdiyatmoko menyampaikan selama tiga tahun berturut-turut sekolahnya mampu menduduki peringkat pertama ujian nasional di Kota Solo.

“Alhamdulillah kami merasa bangga sekali atas pencapaian siswa-siswi kelas IX. Untuk tahun ini, berdasarkan data yang kami peroleh dari website kemdikbud.go.id, kami menduduki peringkat ke 29 di tingkat nasional, peringkat ke tujuh di Jawa Tengah, dan di tingkat Kota Solo kami menduduki peringkat pertama,” ujarnya saat ditemui Solopos.com di kediamannya, Minggu (2/6/2019).

Ia juga menjelaskan rata-rata untuk tiap mapel yang diujikan rata-rata nilai Bahasa Indonesia 91,53, Bahasa Inggris 91, Matematika 92,46, dan IPA 88,71. Bahkan, sebanyak sembilan siswa berhasil meraih nilai tertinggi bahasa Indonesia dengan nilai 98.

Ada juga tiga siswa yang meraih nilai 100 mapel bahasa Inggris, empat siswa nilai 100 mapel Matematika, dan 1 siswa nilai 100 mapel IPA. “Semua prestasi yang dicapai oleh siswa kelas IX adalah hasil kerja keras dari semua elemen sekolah, baik dari guru, siswa, dan juga orangtua. Saya mengucapkan banyak terima kasih dan penghormatan atas prestasi yang diraih para siswanya,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya