SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, JENEWA – Pasukan Nigeria mengevakuasi seluruh penduduk di salah satu kota yang padati 10.000 warga di negara bagian Borno tanpa peringatan pada Senin (8/4/2019). Evakuasi itu dilakukan jelang operasi melawan militan.

Militer merelokasi warga Jakana ke kamp yang berada di Kota Maiduguri, yang jauhnya sekitar 40 kilometer. Beberapa di antaranya datang tanpa membawa apapun. Wilayah timur laut menjadi medan tempur dalam perjuangan satu dekade Nigeria melawan pemberontak Islam, ISIS Provinsi Afrika Barat dan Boko Haram.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Gelombang serangan militan pada Desember, saat sejumlah kota dan pangkalan militer dikuasai, menyebabkan puluhan ribu warga sipil menyelamatkan diri ke Maiduguri. Kedatangan mereka membuat kamp-kamp yang ada membeludak.

Ekspedisi Mudik 2024

“Seluruh Kota Jakana dikosongkan, dan para warga terpaksa mengungsi ke Maiduguri. Mereka diberikan waktu yang sangat terbatas untuk mengumpulkan barang pribadinya,” ungkap kordinator kemanusiaan PBB untuk Nigeria, Edward Kallon dalam satu pernyataan, Kamia (11/4/2019).

Penduduk Jakana mengatakan militer sedang melakukan evaluasi penduduk terhadap anggota Boko Haram.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya